• Selasa, 17 Mei 2022

Sebanyak 79 Mahasiswa Unpad Ikuti Program Muda Kampus Merdeka

- Minggu, 14 November 2021 | 10:15 WIB
Sebanyak 79 mahasiswa Unpad ) terpilih menjadi peserta program Pejuang Muda Kampus Merdeka. (Istimewa/Okky Adiana)
Sebanyak 79 mahasiswa Unpad ) terpilih menjadi peserta program Pejuang Muda Kampus Merdeka. (Istimewa/Okky Adiana)


INILAHKORAN, Bandung - Sebanyak 79 mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) terpilih menjadi peserta program Pejuang Muda Kampus Merdeka.

Program yang bakal diikuti 79 mahasiswa Unpad, itu diinisiasi Kementerian Sosial dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud dan Ristek).

Program Pejuang Muda Kampus Merdeka ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mempercepat pengentasan masalah sosial di Indonesia melalui aplikasi keilmuan yang dimiliki mahasiswa.

Secara teknis, mahasiswa terpilih melakukan magang di Kemensos melalui mekanisme yang serupa dengan Kuliah Kerja Nyata. Mahasiswa turun ke sejumlah kota/kabupaten di Indonesia yang memerlukan bantuan.

Total ada 514 kota/kabupaten yang menjadi lokasi pelaksanaan program. Program ini setara dengan 20 SKS dan memiliki jangka waktu pelaksanaan selama satu semester.

Baca Juga: Optimalkan Realisasi Pajak 2021, Bapenda KBB Gencarkan Sejumlah Program Istimewa

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Arief S. Kartasasmita melepas secara resmi pelaksanaan program Pejuang Muda Kampus Merdeka secara virtual. Menurutnya, program ini sangat bermanfaat untuk menunjang kesuksesan mahasiswa sebagai agen perubahan di masyarakat.

“Tren dunia saat ini, output lulusan perguruan tinggi tidak lagi dihitung seberapa besar IPK atau seberapa cepat dia lulus, tetapi seberapa jauh mahasiswa ciptakan value di masyarakat hingga jadi agent of change bagi masyarakat,” imbuh Arief S. Kartasasmita, melalui keterangan persnya, Sabtu 13 November 2021.

Melalui program ini, mahasiswa akan difamiliarkan mengenai kondisi nyata masyarakat hingga bagaimana upaya mahasiswa dalam memberikan nilai tambah yang besar bagi masyarakat. Apa yang dipelajari di kampus dapat langsung dipraktikkan di masyarakat.

Baca Juga: Teddy Pardiyana Minta Jatah Uang Kontrakan Mendiang Lina Jubaedah, Sule: Tak Ada Urusan!

Arief S. Kartasasmita berharap, Pejuang Muda Kampus Merdeka ini dapat berjalan konsisten ke depan. Program ini tidak sekadar mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Lebih dari itu, program ini memberikan upaya nyata mengenai kontribusi langsung mahasiswa bagi pembangunan manusia.

Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi mengatakan, sejak diluncurkan pada September lalu, sebanyak 90an mahasiswa Unpad mendaftar program ini. Setelah melalui rangkaian seleksi, 79 mahasiswa terpilih sebagai peserta program.

Baca Juga: Valtteri Bottas Rebut Pole di Brasil, Lewis Hamilton: Ini Belum Usai!

“Apresiasi kepada pejuang muda yang mewakili Unpad, di tengah perkuliahan dan masa pandemi, tetapi masih mau memberikan waktu, perhatian, dan tenaganya untuk membantu orang lain,” kata Mohamad Fahmi.*** (Okky Adiana)

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Selasa 17 Mei 2022

Selasa, 17 Mei 2022 | 08:05 WIB
X