• Kamis, 27 Januari 2022

Alhamdulillah, Air di Masjid Besar Cipaganti Kini Bisa Langsung Diminum

- Minggu, 14 November 2021 | 13:30 WIB
Masjid Cipaganti kini memiliki fasilitas air bersih yang bisa langsung diminum,
Masjid Cipaganti kini memiliki fasilitas air bersih yang bisa langsung diminum,


INILAHKORAN, Bandung - Penderma.id memasang fasilitas mesin filtrasi air minum gratis untuk Masjid Besar Cipaganti, Kota Bandung.
 
Mesin berteknologi reverse osmosis ini merupakan fasilitas yang diberikan secara cuma-cuma kepada masjid juga fasilitas umum lainnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap air siap minum.

Hingga menjelang pertengahan November 2021 ini, tercatat ada 20 alat yang terpasang yang tersebar di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Garut.

CEO Penderma.id, Yayasan Aksi Indonesia Dermawan, M Khirzan Noeman mengatakan, mesin filtrasi air siap minum ini dikenal juga sebagai Mesin RO (Reverse Osmosis), mesin yang didesain untuk mengolah air baku menjadi air siap minum untuk siap konsumsi. Alat tersebut mampu mengolah air baku hingga 500 GPD (galon perhari) atau sekitar 1.900 Liter/hari. 

Baca Juga: Lima Tahun Kolaborasi Jabar-USAID Tingkatkan Akses Air Minum dan Sanitasi Aman

"Mengingat Masjid Besar Cipaganti adalah mesjid transit yang sering dikunjungi oleh masyarakat, dengan jamaah sekitar 1.500 - 2.000 orang ketika Jumatan jika kondisi normal. Maka dari itu, Mesin Reverse Osmosis diharapkan mampu mengurangi beban operasional untuk air minum, apalagi jika terdapat kegiatan di Masjid Besar Cipaganti dan ketika bulan Ramadan tiba," papar M Khirzan Noeman.

Hal itu sejalan dengan harapan Penderma yang ingin terus menempatkan mesin filtrasi air minum di banyak fasilitas umum seperti Masjid, Pesantren, Puskesmas/Faskes, Sekolah, Stasiun dan lainnya.

Target terdekat program ini adalah sebelum bulan Ramadan 1443 H / 2022 sudah terpasang di 20 titik strategis yang aktif berkegiatan sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat semaksimal mungkin.

Baca Juga: Wakaf Salman Sediakan Wakaf Mesin Air Minum Gratis

"Semoga mesin ini semakin banyak tersebar untuk menyediakan air siap minum gratis bagi siapapun, karena dengan bersedekah air itu merupakan sedekah jariyah yang mampu mengalirkan pahala walaupun kita telah tiada," pungkasnya. (Okky Adiana)

 
 

Editor: Zulfirman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keren! Darul Hikam Kini Punya Sekolah Non Boarding

Rabu, 26 Januari 2022 | 20:45 WIB

Yayasan Darul Hikam Resmikan SMA Non Boarding

Rabu, 26 Januari 2022 | 20:15 WIB

Foto: Program Penanaman Pohon Produktif BJB

Rabu, 26 Januari 2022 | 16:47 WIB
X