• Senin, 24 Januari 2022

Beri Warna Baru, Swadeci Hadir untuk Pilkades Serentak di Citapen

- Senin, 22 November 2021 | 19:08 WIB
warga setempat berinisiatif membentuk forum Silaturahmi Warga Desa Citapen (Swadeci)  (Agus Satia Negara)
warga setempat berinisiatif membentuk forum Silaturahmi Warga Desa Citapen (Swadeci) (Agus Satia Negara)
 
INILAHKORAN, Ngamprah - Perhelatan Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) selalu menghadirkan dinamika kompetisi yang kerap kali membuat atmosfer politik diranah desa memanas.
 
Kendati demikian, ada warna baru pada perhelatan Pilkades Serentak 2021 di KBB tahun ini. Hal itu bisa diperlihatkan salah satu desa, yakni Desa Citapen.
 
Pasalnya, warga setempat berinisiatif membentuk forum Silaturahmi Warga Desa Citapen (Swadeci) yang memiliki tugas untuk menjembatani sebagian kendala terutama dalam menjaga kondusifitas antar pendukung Calon Kades.
 
 
Ketua Forum Swadeci, Gunawan Rasyid mengatakan, Swadeci hadir  dalam rangka membangun pondasi Desa Citapen agar bisa bangkit dan lebih maju dari desa lainnya.
 
Menurutnya, posisi Desa Citapen yang berada di ibukota kecamatan bahkan menjadi gerbang Bandung Barat wilayah selatan tentunya harus memotivasi kepada warga Desa Citapen dalam rangka mempersiapkan pemikiran yang lebih progresif.
 
"Pilkades Serentak di KBB ini harus menjadi momentum mempersiapkan tata kelola Pemerintahan Desa Citapen ke arah yang lebih baik dan maju," katanya, Selasa 22 November 2021.
 
 
Ia menjelaskan, Swadeci mencoba banyak melakukan diskusi dengan masyarakat untuk menampung keluhan dan aspirasi yang diselaraskan dengan visi misi cakades.
 
Lebih lanjut ia menerangkan, pengurus dan Dewan Penasehat SWADECI secara inten  melakukan diskusi dan silaturahmi dengan semua Calon Kades, yaitu 1. Drs.Asep W.Abd.Rahman, 2. Lili Badrusalim, 3. Akhmad Nazaruddin,  4. Iwan Kristiawan dan 5.H.Suhada.
 
"Kami melakukan pendalaman visi misi sekaligus mengsinergikan dengan harapan masyarakat," terangnya.
 
 
Ia menyebut, hari ini merupakan tahapan pertama kampanye untuk seluruh calon desa">kepala desa yang dimanfaatkan Swadeci untuk melakukan kolaborasi visi misi yang dituangkan dalam bentuk pakta integritas yang ditandatangani oleh semua cakades.
 
"Alhamdulillah sudah dilaksanakan dan disaksikan oleh para tokoh, ketua RW, RT dan Kader," ujarnya.
 
Ia menuturkan, program prioritas yang dituangkan dalam pakta integritas antara lain, memastikan tata kelola Pemerintahan Desa yang baik dan bersih, bebas dari KKN, peningkatan SDM yg mengoptimalkan teknologi digital, berupaya mewujudkan Desa Mandiri yang difokuskan dalam pengembangan ekonomi kreatif.
 
 
"Dengan posisi APBDes yang kisarannya hampir mencapai Rp 3 miliar setiap tahun, dimunculkan juga program peningkatan insentif RT, RW, kader dan guru ngaji," tuturnya.
 
Lalu, tambah dia, yang menjadi unggulannya adalah bahwa setiap RW diberikan pagu anggaran minimal Rp25 juta setiap tahun yang digunakan untuk kegiatan infrastruktur yang dilaksanakan secara swakelola.
 
"Saya berharap hal ini akan menghidupkan kembali nilai-nilai gotong royong," tandasnya. 
 
 
Sementara itu, Ketua RW 09, Desa Citapen, Irwansyah mengaku, kehadiran Swadeci dalam perhelatan Pilkades Serentak 2021 di KBN ini sangat membantu masyarakat dan panitia.
 
"Alhamdulillah hadirnya Swadeci cukup membantu, terutama dalam mencerdaskan masyarakat," ujarnya. (agus satia negara) ***

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polrestabes Bandung Gencarkan Penyemprotan Anti DBD

Sabtu, 22 Januari 2022 | 18:49 WIB
X