• Kamis, 9 Desember 2021

Ini Kata Ketua FGHBSN Terkait Hari Guru Nasional 2021

- Kamis, 25 November 2021 | 16:17 WIB
 Pada Hari Guru Nasional 2021, sejumlah guru melaksanakan aksi orasi di Monemen Perjuangan Jawa Barat, Kamis 25 November 2021. (Okky Adiana)
Pada Hari Guru Nasional 2021, sejumlah guru melaksanakan aksi orasi di Monemen Perjuangan Jawa Barat, Kamis 25 November 2021. (Okky Adiana)

INILAHKORAN, Bandung - Pada Hari Guru Nasional 2021, sejumlah guru melaksanakan aksi orasi di Monemen Perjuangan Jawa Barat, Kamis 25 November 2021.

Peringatan Hari Guru Nasional 2021 itu dihadiri Ketua Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Jawa Barat Iwan Hermawan dan Ketua Forum Guru Honorer Bersertifikat Sekolah Negeri (FGHBSN) Rizky Safari Rahmat.

Rizky mengatakan, pada momentum Hari Guru Nasional 2021, pihaknya ingin guru honorer diangkat menjadi guru PNS, karena mereka terbukti telah bergerak dari hati untuk pulihkan pendidikan.

Baca Juga: Peringati Hari Guru Nasional 2021, Jokowi: Mari Bergandeng Tangan Pulihkan Pendidikan

"Kondisi darurat kekosongan guru PNS yang mencapai 1,3 juta orang, seharusnya pemerintah lebih serius menata atau menggantikan guru PNS itu dengan mengangkat guru honorer, karena mereka terbukti bergerak dari hati pulihkan pendidikan," ujarnya.

Menurut dia, pemerintah juga perlu bergerak dari hati bagi guru yang belum merdeka. Belum merdeka dari kesejahteraan, dari status kepegawaian, perlindungan, sosial, perlindungan guru, kompetensinya, sertifikasi dan untuk pengembangan lainnya.

"Kami juga meminta kepada Presiden Jokowi untuk memberikan kado spesial di hari guru ini, berikanlah, anugrahkanlah kepada guru-guru yang sedang berpuluh-puluh tahun mengabdikan dirinya dengan keterbatasan yang ada. Pastikanlah status kami, baik sebagai PNS atau P3K selesaikan darurat kekosongan guru, karena itu merupakan tanggung jawab pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam undang-undang guru dan dosen nomor 14 tahun 2005," papar Rizky.

Baca Juga: Hari Guru Nasional 2021, Jarwo Naif Ungkap Kenangan di Sekolah Saat Jadi Anak Kesayangan Guru

Iwan Hermawan menambahkan, pihaknya menuntut pemerintah untuk segera mengangkat guru honorer menjadi guru PNS, jika tidak bisa mengangkat guru PNS, maka dirinya menuntut pemerintah untuk mengangkat satu juta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), kalau mereka tidak lolos P3K, maka mereka ikut pendidikan profesi guru (PPG), sehingga dapat tunjangan profesi, dan jika tidak lolos PPG, berilah gaji mereka seauai dengan UMR atau kebutuhan hidup mereka.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Foto: Penataan Kawasan Alun alun Bandung

Rabu, 8 Desember 2021 | 18:25 WIB

Nataru, Polrestabes Bandung Berlakukan Gage

Rabu, 8 Desember 2021 | 13:24 WIB

Ini Alasan Larangan Perayaan Tahun Baru di Bandung

Rabu, 8 Desember 2021 | 12:16 WIB

Resmi, PKL Dilarang Mangkal di Alun-alun Bandung

Rabu, 8 Desember 2021 | 12:05 WIB
X