• Minggu, 23 Januari 2022

Selama Libur Nataru Wisata KBB Dibuka, Namun dengan Catatan Ini

- Jumat, 26 November 2021 | 20:30 WIB
 Pelaksana Tugas (Plt)Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan  (Agus Satia Negara)
Pelaksana Tugas (Plt)Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan (Agus Satia Negara)

INILAHKORAN, Ngamprah - Pelaksana Tugas (Plt)Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan memastikan objek wisata yang ada di Kabupaten Bandung Barat (KBB) tidak ditutup.


Hengky mengatakan, soal objek wisata berdasarkan Intruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) memang semuanya berstatus PPKM Level 3 pada saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Sebenarnya ada beberapa aturan, saya lihat di situ tidak dicantumkan tempat wisata ditutup," katanya, Jumat 26 November 2021.

Ia menjelaskan, dari pernyataan pak Menteri Pariwisata juga menyebutkan level 3, namun tidak ada penutupan tempat wisata melainkan pembatasan.

Baca Juga: Temui Ribuan Buruh yang Gelar Unras, Hengky Tawarkan Dua Solusi Ini

"Kemarin juga kami telah mengirim surat juga ke Kemenparekraf untuk meminta agar pemda memiliki kewenangan untuk mengatur lalin dan lainnya," jelasnya.

Ia menyayangkan jika tempat pariwisata di tutup lantaran sektor wisata merupakan salah satu entry point pemasukan anggaran daerah (PAD) Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kemudian, tegas dia, jangan sampai pariwisata terus yang dijadikan kambing hitam. Apalagi, pariwisata di KBB ini sangat ketat dalama menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Kursi Wabup KBB Memanas! Hengky Kurniawan Angkat Bicara Soal Figur Jagoannya...

"Kita akan dorong melalui aplikasi PeduliLindungi dan mudah-mudahan tidak terjadi lonjakan atau kerumunan. Dan kita sudah berhasil buktikan pada saat libur Lebaran kemarin," tegasnya.

Ia menyebut, di kota/kabupaten lain kasus COVID-19 membludak, sementara di KBB sendiri cukup kondusif lantaran kolaborasi dengan berbagai pihak, mulai dari unsur kejaksaan, TNI/Polri, Dishub dan lain sebagainya.

"Insya Allah tetap kita buka, tapi dengan pembatasan," ujarnya.

Baca Juga: Harapan Hengky Atlet juga Bisa Menjadi Anggota Dewan

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat, Heri Partomo mengatakan, kebijakan tersebut memang tujuannya untuk mengantisipasi peningkatan kasus selama periode libur Nataru karena meningkatnya mobilitas warga.

"Kami masih belum memastikan regulasi bagi tempat wisata pada saat PPKM Level 3 nanti. Tapi kami berharap, wisata tetap diperbolehkan untuk buka," katanya.

Ia menyebut, regulasi bagi objek wisata di KBB akan mengikuti kebijakan pemerintah pusat, mengingat PPKM Level 3 itu bersifat nasional.

Baca Juga: Bonus Atlet KBB Cair! Hengky Sawer Bonus Pahlawan Olahraga PON XX Papua, Segini Nilainya

Ia berharap, ada semacam diskresi bahwa objek wisata tetap dibuka tapi dengan syarat menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Saat ini, kondisi bisnis pariwisata di KBB sedang beranjak pulih setelah dihantam pandemi COVID-19 lebih dari satu setengah tahun." sebutnya.

Menurutnya, kunjungan wisatawan ke sejumlah tempat wisata khususnya di kawasan wisata Lembang mulai meningkat lagi.

Baca Juga: Hengky Intruksikan ASN KBB Wajib Belanja Produk Lokal, Pelaku UMKM Minta Hal Ini

"Sekarang wisata di KBB mulai menggeliat lagi, kalau nanti ditutup lagi, bisa mundur. Tapi meski bagaimanapun, kita tetap akan mengikuti arahan pusat dalam pencegahan penularan COVID-19," tuturnya.

Sejauh ini, ungkap dia, objek wisata di KBB sudah menerapkan prokes ketat pencegahan COVID-19. Bahkan hampir semua tempat wisata sudah memiliki sertifikat CHSE.

Sejauh ini, sambung dia, tidak ada catatan muncul kasus COVID-19 sejak objek wisata kembali diperbolehkan untuk buka.

Baca Juga: Hengky Intruksikan ASN KBB Wajib Belanja Produk Lokal, Pelaku UMKM Minta Hal Ini

"Jika diperbolehkan buka, kami jamin objek wisata di KBB akan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19 seperti yang selama ini sudah diterapkan," tandasnya. (agus satia negara) ***

 
 

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polrestabes Bandung Gencarkan Penyemprotan Anti DBD

Sabtu, 22 Januari 2022 | 18:49 WIB

Dinsos Kota Bandung Akui Sulit Vaksinasi Anjal

Sabtu, 22 Januari 2022 | 13:47 WIB

Warga Lembang Dihebohkan Dengan Penemuan Mortir

Jumat, 21 Januari 2022 | 21:50 WIB
X