• Minggu, 23 Januari 2022

Wisata KBB Buka saat Nataru, Dishub KBB Beri Perlakuan Khusus di Dua Lokasi Ini

- Jumat, 26 November 2021 | 21:00 WIB
Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) KBB, Lukmanul Hakim  (Agus Satia Negara)
Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) KBB, Lukmanul Hakim (Agus Satia Negara)

INILAHKORAN, Ngamprah - Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bandung Barat (KBB) memastikan destinasi wisata yang ada di wilayahnya tetap akan dibuka meski dengan status PPKM Level 3.

Guna mengantisipasi terjadi lonjakan pengunjung jelang Nataru, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung barat (KBB) telah menyiapkan skema untuk mengatur arus lalu lintas di kawasan wisata.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) KBB, Lukmanul Hakim mengatakan, hari ini pihaknya bakal mengikuti video conference dengan pusat di Polres Cimahi untuk mendapatkan beberapa informasi terkait penanganan lalu lintas jelang libur Nataru.

Baca Juga: Jelang Libur Nataru, Disbudpar Kota Bandung Ingatkan Pengusaha Hotel

"Sebetulnya sudah keluar  Intruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) berkaitan dengan PPKM Level 3 untuk Nataru," katanya, Jumat 26 November 2021.

Kendati demikian, lanjut dia, pihaknya tetap menunggu hasil rapat video conference dengan Mabes Polri, BNPB, Kemenkes dan Kemenhub.

"Kita akan mencoba uraikan dalam bentuk kebijakan di tingkat KBB seperti apa nantinya dalam mengurai kemacetan. Khususnya dalam mengendalikan pergerakan atau mobilitas kendaraan," terangnya.

Baca Juga: Libur Nataru, Sekda Kota Bandung Instruksikan Disbudpar Soroti Kapasitas Hotel

Ia mengaku khawatir jika pada Nataru terjadi lonjakan wisatawan di daerah wisata.

"Kita tahu sendiri daerah wisata di KBB itu Lembang. Harus ada perlakuan khusus seperti apa. Nanti mungkin kita akan informasikan seperi apa kebijakan Pemda KBB, Polres Cimahi dan Kodim 0609 Cimahi," bebernya.

Untuk sementara ini, sambung dia, pihaknya akan memfokuskan pelakuan khusus di dua titik, yaitu Lembang yang sudah diprediksi bakal terjadi lonjakan wisatawan dan di kawasan Padalarang.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid-19 Gelombang Ketiga, ASN Cimahi Dilarang Cuti Nataru 2021

"Jadi akan ada dua posko yang akan kita siagakan di Lembang dan Padalarang," ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt)Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan memastikan objek wisata yang ada di Kabupaten Bandung Barat (KBB) tidak ditutup.

Ia mengatakan, soal objek wisata berdasarkan Intruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) memang semuanya berstatus PPKM Level 3 pada saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Sebenarnya ada beberapa aturan, saya lihat di situ tidak dicantumkan tempat wisata ditutup," katanya, Jumat 26 November 2021.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid-19 Gelombang Ketiga, ASN Cimahi Dilarang Cuti Nataru 2021

Ia menjelaskan, dari pernyataan pak Menteri Pariwisata juga menyebutkan level 3, namun tidak ada penutupan tempat wisata melainkan pembatasan.

"Kemarin juga kami telah mengirim surat juga ke Kemenparekraf untuk meminta agar pemda memiliki kewenangan untuk mengatur lalin dan lainnya," jelasnya.

Ia menyayangkan jika tempat pariwisata di tutup lantaran sektor wisata merupakan salah satu entry point pemasukan anggaran daerah (PAD) Kabupaten Bandung Barat (KBB). (agus satia negara) ***

 
 

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polrestabes Bandung Gencarkan Penyemprotan Anti DBD

Sabtu, 22 Januari 2022 | 18:49 WIB

Dinsos Kota Bandung Akui Sulit Vaksinasi Anjal

Sabtu, 22 Januari 2022 | 13:47 WIB

Warga Lembang Dihebohkan Dengan Penemuan Mortir

Jumat, 21 Januari 2022 | 21:50 WIB
X