• Kamis, 27 Januari 2022

Robot artificial intelligence (AI) Makin Canggih, Bisa Gantikan ASN

- Rabu, 1 Desember 2021 | 13:44 WIB

 

INILAHKORAN, Bandung,-  Kemajuan teknologi saat ini banyak memangkas sumber daya manusia (SDM) dalam semua bidang atau dikenal dengan artificial intelligence (AI). Pekerjaan manusia digantikan teknologi.

 

Tak terkecuali di bidang pemerintahan. Boleh jadi ke depan banyak jabatan ASN yang akan dilebur karena pekerjaannya diganti dengan "mesin".

 

Terkait hal ini, Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Dr. Agus Sudrajat MA., mengatakan, kemajuan teknologi saat ini adalah sebuah hukum alam. Yang terdampak, tidak hanya bidang administrasi negara, seperti ASN, tapi juga bidang lainnya.

 

"Ya, pada akhirnya begitu. Jadi seperti hukum alam," ungkap Agus usai menjadi pembicara Diskusi Publik "Strategi Akselerasi Peyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Berbasis Merit dalam Mewujudkan ASN Berkelas Dunia" yang diselenggarakan Puslitbang PKLAN, di Hotel Savoy Homan Jalan Asia Afrika, Selasa, 30 November 2021.

 Baca Juga: Wow, Panitia Olimpiade Musim Dingin Kerahkan Semua Robot di Semua Arena

Untuk mengantisipasi gempuran teknologi adalah dengan kompetensi. Jadi, ASN harus unggul dan smart. "AI ini kita sebut sebagai akselerasi transformasi ASN, supaya kita cepat lari kencang karena di belakang kita teknologi digital cukup pesat. Nah sebagai ASN harus terus beradaptasi dengan teknologi," katanya.

Halaman:

Editor: tantan

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Kamis 27 Januari 2022

Kamis, 27 Januari 2022 | 06:45 WIB

Keren! Darul Hikam Kini Punya Sekolah Non Boarding

Rabu, 26 Januari 2022 | 20:45 WIB

Yayasan Darul Hikam Resmikan SMA Non Boarding

Rabu, 26 Januari 2022 | 20:15 WIB

Foto: Program Penanaman Pohon Produktif BJB

Rabu, 26 Januari 2022 | 16:47 WIB
X