• Senin, 23 Mei 2022

Dishub KBB Lakukan Tes Urine Seluruh Pegawainya, Begini Hasilnya

- Kamis, 2 Desember 2021 | 11:08 WIB
Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat (KBB) melakukan pembinaan kedisiplinan pegawai dari bahaya narkoba (Agus Satia Negara)
Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat (KBB) melakukan pembinaan kedisiplinan pegawai dari bahaya narkoba (Agus Satia Negara)

INILAHKORAN-Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat (KBB) melakukan pembinaan kedisiplinan pegawai, khususnya berkaitan dengan pencegahan Penyalahgunaan Narkoba.

Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkotika (P4GN) di kalangan pegawainya.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Lukmanul Hakim mengatakan, kegiatan pembinaan ini diikuti oleh seluruh pegawai Dishub KBB.

Baca Juga: Sehari 3 Kejadian, Bencana Alam di Bogor Terbanyak seIndonesia

"Acara tersebut dilanjutkan dengan pengarahan dan materu tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba oleh Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bandung Barat, AKBP M. Julian," katanya, di  Gedung UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Cikamuning, Kecamatan Padalarang.

Ia menjelaskan, kegiatan pembinaan pegawai ini bertujuan sebagai upaya preventif dan bentuk mitigasi agar para pegawai Dishub KBB terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

"Karena ketika sekali mencoba dan menjadi ketergantungan, akan sulit untuk menghentikannya," jelasnya.

Baca Juga: Polres Beberkan Kronologis Bandar Narkoba Menabrak Polisi di Tol Palimanan

Apalagi, lanjut dia, sampai tertangkap oleh polisi atau BNN, bisa jadi akan diproses secara hukum dan konsekuensinya apabila terbukti, maka secara otomatis akan dilakukan proses.

"Sanksinya berupa Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) sebagai ASN," tegasnya.

Sementara itu, Kepala BNN KBB, AKBP M. Julian mengatakan, penyalahgunaan narkoba di kalangan ASN termasuk juga pejabat publik sudah beberapa kali terjadi.

"Beberapa diantaranya juga sudah diproses secara hukum dan dijatuhi hukuman penjara," katanya.

Baca Juga: Polisi Masih Kejar Bandar Narkoba yang Nekat Tabrak Polisi di Cirebon

Ia juga mengimbau, sebagai pegawai yang bekerja pada pemerintah daerah baik itu ASN maupun PTT mempunyai kewajiban untuk memberikan keteladanan.

"Paling penting menghindarkan diri dari perbuatan tercela termasuk penyalahgunaan narkoba," imbaunya.

Usai kegiatan pembinaan berakhir, sambung dia, pihaknya melakukan tes urine dengan sampel beberapa orang pegawai Dishub KBB yang dipilih secara random.

Baca Juga: Bandar Narkoba Tabrak dan Lindas Polisi Hingga Luka Parah Saat Kejar-kejaran di Cirebon

"Hasil dari tes urine tersebut menyatakan seluruh pegawai Dishub KBB dinyatakan negatif," tandasnya. (agus satia negara) ***

 
 

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Baznas Kota Bandung Raih Tiga Kali WTP

Sabtu, 21 Mei 2022 | 17:30 WIB

Kota Bandung Deklarasikan Sebagai Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 16:15 WIB
X