• Kamis, 20 Januari 2022

Tracer Study, Cara Jitu Unas Pasim Evaluasi Kurikulumnya

- Kamis, 2 Desember 2021 | 14:37 WIB
Unas Pasim melakukan tracer study ke perusahaan dimana alumninya dipekerjakan. (istimewa)
Unas Pasim melakukan tracer study ke perusahaan dimana alumninya dipekerjakan. (istimewa)

INILAHKORAN, Bandung- Universitas Nasional (Unas) Pasim memiliki cara jitu untuk mengevaluasi kurikulum yang diterapkan masih sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja atau tidak. Yakni dengan melakukan tracer study kepada para alumninya yang sudah bekerja.

Tracer study  bagi Unas Pasim jadi hal wajib untuk mengevaluasi untuk melihat apakah kurikulum yang diterapkan masih relevan ataukah harus direvisi untuk memenuhi tuntutan era sekarang ini.

”Misalnya sebuah Perguruan Tinggi (PT) itu masih menggunakan kurikulum yang lama, dan tidak relevan dengan tuntutan DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri). Maka akan sangat sulit sekali alumni PT itu untuk bisa memenangkan persaingan dalam mendapatkan pekerjaan,” kata Wakil Rektor Kerjasama Unas Pasim Desfitriady dalam keterangannya kepada inilahkoran, Kamis 2 Desember 2021.

Baca Juga: APBD 2022 Turun, Inilah Fokus Pemprov Jabar di Sektor Pendidikan Kata Legislator

Makanya, Unas Pasim selalu melakukan tracer study alumni kepada perusahaan yang bekerjasama dengannya, atau perusahaan yang sudah menggunakan tenaga alumni mereka sebagai karyawan.

Bahkan, dia mengaku baru-baru ini timnya telah melaksanakan tracer study ke PT.SkinSol Kosmetik Industri di Ciwaruga Kabupaten Bandung Barat. Ada tiga alumni Pasim yang bekerjsa di sana untuk membangun digital marketing.

”Tim kita diterima lansung oleh CEO dan Founder dari PT.SkinSol Kosmetik Industri Michael Simon,” ujarnya.

Baca Juga: HUT PGRI ke-76, Pendidikan Karakter Jadi Tantangan di Tengah Pandemi Covid-19

Desfitriady menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada CEO PT.SkinSol tersebut dan berharap kerjasama lainnya bisa juga ditindak lanjuti, seperti magang, pengabdian masyarakat, serta kegiatan lain yang berhubungan dengan Tri Dharma PT.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yana Mulyana Minta Warga Waspada Omicron

Kamis, 20 Januari 2022 | 13:30 WIB

Enam Warga Kota Bandung Terpapar Omicron

Kamis, 20 Januari 2022 | 11:52 WIB
X