• Senin, 24 Januari 2022

Polda Jabar Ringkus Pelaku Pembobol Identitas dan Phone Sex Asal Sumsel

- Jumat, 3 Desember 2021 | 11:04 WIB
Dir Krimsus Polda Jabar Kombes Pol Arif Rachman (Cesar Yudistira/Inilahkoran)
Dir Krimsus Polda Jabar Kombes Pol Arif Rachman (Cesar Yudistira/Inilahkoran)

 

INILAHKORAN, Bandung - Subdit 5 Siber Ditreskrimsus Polda Jabar, kembali menangkap seorang pelaku Identity Thief dan Phising atau pencurian identitas, lintas provinsi. Pelaku diketahui bernama Yandra (27) warga Oki, Sumatera Selatan.

Pelaku sudah melakukan aksi pencurian identitas tersebut dari 2018 , dan telah meraup keuntungan miliyaran rupiah.

"Penipuan dengan modus mengelabui korbannya dengan menggunakan website palsu seolah-seolah lembaga publik resmi. Dengan estimasi total kerugian milyaran rupiah dari beberapa laporan," kata Direktur Ditreskrimsus Polda Jabar Kombes Pol Arif Rachman, saat ditemui di Mapolda, Jumat 3 Desember 2021.

Baca Juga: Polda Siagakan Personel, Tapi Bukan Untuk Kegiatan Reuni 212

Selain melakukan penipuan dengan modus menggunakan website lembaga resmi, pelaku juga melakukan tindak pidana investasi bodong, membuat aplikasi jual beli, dan juga melakukan pemerasan dengan modus phone sex.

Pelaku sendiri ditangkap, berdasarkan dua laporan polisi di Ditreskrimsus Polda Jabar. Ia ditangkap di kediamannya, di wilayah Oki, Sumatera Selatan.

Dalam melakukan aksinya ia tidak seorang, ada beberapa rekannya yang membantu melancarkan tindak pidananya. Saat ini polisi tengah memburu rekan Yandra tersebut.
Pada kasus ini, polisi terapkan pasal 51 jo Pasal 35 jo Pasal 32 ayat (2) Jo Pasal 28 ayat (1) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE. 

Baca Juga: Dua Kali Curi Kotak Amal, Pelaku Masih Pelajar

"Kronologis lengkapnya akan disampaikan oleh Kapolda Jabar, nanti," ucapnya. *** (Cesar Yudistrira)

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X