• Senin, 24 Januari 2022

Sejahterakan Petani Tembakau, Pemkab Bandung Bakal Alokasikan Dana DBHCHT Sebesar 50 Persen

- Jumat, 3 Desember 2021 | 15:26 WIB
Pemkab Bandung bakal mengalokasikan DBHCHT untuk kesejahteraan para petani tembakau. Alokasinya mencapai 50 persen. (istimewa)
Pemkab Bandung bakal mengalokasikan DBHCHT untuk kesejahteraan para petani tembakau. Alokasinya mencapai 50 persen. (istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - Pemkab Bandung bakal mengalokasikan dana bagi hasil cukai tembakau (DBHCHT) untuk kesejahteraan para petani tembakau.

Besaran anggaran DBHCHT yang bakal dialokasikan Pemkab Bandung untuk kesejahteraan petani tembakau di Kabupaten Bandung itu mencapai 50 persen. Pada 2021, Pemkab Bandung mendapatkan DBHCT sebesar Rp16 miliar. Angka itu meningkat dari tahun sebelumnya yang terhitung sebesar Rp14 miliar.

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan, kesejahteraan para petani tembakau menjadi perhatiannya. Secara teknis, Pemkab Bandung mengikuti aturan mengenai penggunaan anggaran DBHCHT yang diatur pemerintah pusat.

Baca Juga: Realisasikan Anggaran DBHCHT, Ini Sektor yang Mendapat Alokasi Dana Tembakau di Kabupaten Bandung

"Pusat sudah menentukan, 25 persen DBHCHT itu dialokasikan untuk penegakan hukum dalam rangka menurunkan tingkat peredaran barang cukai ilegal," katanya dalam acara Sosialisasi DBHCHT dan Penegakan Hukum Cukai Tembakau, belum lama ini.

Dia menyebut, setiap tahun penegakan hukum cukai ilegal selalu diamanatkan pemerintah pusat. Lantaran upaya penegakan hukum terhadapa cukai ilegal tidak hanya bisa dilakukan dengan kegiatan sosialisasi saja.

"Kami juga akan melakukan berbagai upaya melalui kegiatan lainnya," sebutnya.

Baca Juga: Program Peningkatan DBHCHT Tak Hanya untuk Petani Tembakau

Menurutnya, pihaknya bakal melakukan kegiatan dengan kemasan yang sedemikian rupa agar menarik guna memberikan informasi kepada masyarakat.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X