• Senin, 24 Januari 2022

Selain Kolam Retensi, Wetland Park Cisurupan Dibangun Jadi Tempat Wisata Lingkungan

- Jumat, 3 Desember 2021 | 15:51 WIB
Wetland Park Cisurupan tak lama lagi rampung. Selain sebagai kolam retensi, kehadirannya juga menjadi tempat wisata lingkungan. (Humas Pemkot Bandung)
Wetland Park Cisurupan tak lama lagi rampung. Selain sebagai kolam retensi, kehadirannya juga menjadi tempat wisata lingkungan. (Humas Pemkot Bandung)

INILAHKORAN, Bandung - Wetland Park Cisurupan tak lama lagi rampung. Selain sebagai kolam retensi, kehadirannya juga menjadi tempat wisata lingkungan.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, proyek Wetland Park Cisurupan dibangun sebagai upaya penghematan dan pemanfaatan lahan multifungsi. Lokasi tersebut diharapkan bisa mengatasi perubahan iklim, penanganan banjir dan penghijauan. Dengan menjadi tempat wisata lingkungan, Wetland Park Cisurupan juga merupakan daerah pariwisata dan pengembangan ekonomi.

Meski demikian, konsep terpenting Wetland Park Cisurupan itu yakni resapan air dalam bentuk kolam retensi. Selain sebagai tempat wisata lingkungan, keberadaannya sekaligus sebagai upaya pengurangan banjir di hilir.

Baca Juga: 11 Kota dari 4 Negara Pelajari Wetland Park Cisurupan

“Mudah-mudahan DPU (Dinas Pekerjaan Umum) Kota Bandung siap berkolaborasi dengan kementerian yang ada kaitannya dengan pengembangan infrastruktur,” kata Oded saat peringatan Hari Bhakti ke-76 Pekerjaan Umum, Jumat 3 Desember 2021.

Sementara itu, Kepala DPU Kota Bandung Didi Ruswandi menuturkan total lahan Watland Park Cisurupan itu mencapai 10 hektare. Untuk tahap dua yang kini dikerjakan itu hanya menggarap dua hektare lahan saja.

Baca Juga: Ratusan Siswa Tanam Pohon di Wetland Park Cisurupan 

“Untuk anggaran penataan seke (mata air) Rp198 juta dan penguatan tebing sungai Rp116 juta,” kata Didi.

Dia mengatakan, pembangunan tahap 1 Wetland Park Cisurupan itu didominasi pengerjaan pengendalian banjir. Sedangikan, pada tahap dua yaitu fokus pada konservasi air. (Yogo Triastopo)

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X