• Minggu, 23 Januari 2022

Kartu Prakerja Fiktif Cairkan Miliyaran Rupiah

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 08:54 WIB
ilustrasi garis polisi (istimewa)
ilustrasi garis polisi (istimewa)

INILAHKORAN- Empat komplotan pelaku pembuat kartu Prakerja fiktif, dibekuk Subdit Indag Ditreskrimsus Polda Jabar, di salah satu hotel di Kota Bandung.

Pelaku diantaranya berinisial AP, AR, RW dan WG. Mereka ditangkap pada Senin (29/12/2021). Penangkapan ini, berawal adanya dugaan penyalahgunaan akses ilegal terhadap data base kependudukan yang digunakan untuk membuat kartu prakerja fiktif yang merupakan program pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Kita amankan empat orang yang diduga melakukan penyalahgunaan akses ilegal terhadap data base kependudukan yang digunakan untuk membuat kartu prakerja fiktif," kata Direktur Ditreskrimsus Polda Jabar Kombes Pol Arif Rachman, saat dihubungi via ponselnya, Sabtu (4/12/2021).

Baca Juga: Terpidana Faktur Pajak Fiktif Setor Uang Denda Rp32 Miliar Lebih ke Kas Negara

Modusnya, komplotan ini menggunakan data kependudukan yang   didapat dari grup telegram, yang kemudian, data tersebut didaftarkan kartu Prakerja. Lalu data kependudukan itu diregister dengan data hasil hacking ke Dukcapil. 

Setelah itu, data kependudukan tersebut didaftarkan ke website prakerja www.dashboard.prakerja.go.id. setelah dana kartu Prakerja cair, mereka mengalihkan dana tersebut ke beberapa dompet digital dan rekening bank.

Komplotan ini, sudah berhasil mencairkan miliyaran rupiah dari ratusan data yang dimilikinya. Kasus ini pun, saat ini masih dalam pengembangan lebih lanjut, pihak kepolisian.

Baca Juga: Kredit Fiktif BRI, Kejari Kabupaten Bogor Kembali Tangkap 2 Orang Tersangka

"Kita masih melakukan pengembangan, untuk menangkap satu pelaku lainnya," katanya. (Caesar Yudistira)***  

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polrestabes Bandung Gencarkan Penyemprotan Anti DBD

Sabtu, 22 Januari 2022 | 18:49 WIB

Dinsos Kota Bandung Akui Sulit Vaksinasi Anjal

Sabtu, 22 Januari 2022 | 13:47 WIB

Warga Lembang Dihebohkan Dengan Penemuan Mortir

Jumat, 21 Januari 2022 | 21:50 WIB
X