• Minggu, 23 Januari 2022

Begini Cara Kerja Komplotan Pembobol Kartu Prakerja Fiktif di Bandung

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 09:31 WIB
ilustrasi borgol (istimewa)
ilustrasi borgol (istimewa)



INILAHKORAN, Bandung - Komplotan pembuat kartu Prakerja fiktif berhasil meraup untuk miliyaran rupiah setelah dua tahun mereka beraksi. Lalu bagaimana mereka menjalankan bisnisnya ini.

Dalam menjalankan bisnis empat pelaku komplotan kartu pekerja fiktif yang diantaranya berinisial AP, AR, RW dan WG, memiliki peran masing-masing.

Untuk pelaku komplotan kartu pekerja fiktif AP bersama dengan pelaku yang saat ini masih dalam DPO polisi, membeli data kependudukan melalui aplikasi smartphone Telegram. Lalu, data tersebut dimodifikasi dengan cara di hack, yang setelahnya diberikan kepada pelaku AR, RW, dan WG.

Baca Juga: Waduh, Tersangka Kartu Prakerja Fiktif Berhasil Bobol Ratusan Akun Kependudukan

Oleh tiga pelaku lainnya, data tersebut lalu di register dan login ke website prakerja www.dashboard.prakerja.go.id, dengan memasukan data KTP, KK dan akun palsu hasil hacking Dukcapil.

Usai didaftarkan, dana pencairan kartu Prakerja pun cair. Dana tersebut lalu dialihkan ke beberapa dompet digital.

Komplotan ini telah melakukan pembuatan kartu Prakerja fiktif sejak 2019 lalu. Catat pemeriksaan polisi, diketahui para pelaku telah meraup untung sebesar 18 miliyar rupiah.

Baca Juga: Kartu Prakerja Fiktif Cairkan Miliyaran Rupiah

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan polisi diantaranya, tiga KTP, 700 kartu ponsel, 20 kartu ATM, tiga laptop, 12 ponsel, satu album kartu identitas, satu flashdisk, dan satu mobil.

"Saat ini kita masih melakukan pengembangan terhadap komplotan tersebut. Kota masih mengejar satu pelaku lainnya," kata Direktur Ditreskrimsus Polda Jabar Kombes Pol Arif Rachman, saat dihubungi via ponselnya, Sabtu (4/12/2021). (Caesar Yudhistira)***

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polrestabes Bandung Gencarkan Penyemprotan Anti DBD

Sabtu, 22 Januari 2022 | 18:49 WIB

Dinsos Kota Bandung Akui Sulit Vaksinasi Anjal

Sabtu, 22 Januari 2022 | 13:47 WIB

Warga Lembang Dihebohkan Dengan Penemuan Mortir

Jumat, 21 Januari 2022 | 21:50 WIB
X