• Rabu, 26 Januari 2022

Hari Disabilitas Internasioan Buat Orangtua Siwa Senang

- Minggu, 5 Desember 2021 | 12:00 WIB
Memperingati Hari Disabilitas Internasional, Gubernur Jawa Barat ingin memberi keadilan bagi penyandang disabilitas. (jabarprov.go.id)
Memperingati Hari Disabilitas Internasional, Gubernur Jawa Barat ingin memberi keadilan bagi penyandang disabilitas. (jabarprov.go.id)

INILAHKORAN, Bandung - Ega Peggy Senjatiningsih salah satu orangtua siswi di Sekolah Luar Biasa (SLB) C YPLB Asih Manunggal, Kota Bandung mengaku sangat senang Hari Disabilitas Internasional dirayakan diseluruh dunia.

"Saya sih, senang ada peringatan hari disabilitas Intetnasional. Anak saya kan down syndrom, jadi orang-orang itu aware sama anak-anak yang punya kebutuhan khusus, terus anak-anak kita juga banyak diapresiasi, tidak hanya di Indonesia, bahkan diseluruh dunia," kata Ega Peggy Senjatiningsih, kepada INILAHKORAN, Minggu 5 Desember 2021.

Menurut Ega, di luar negeri pun banyak sekali perusahaan-perusahaan yang sudah melakukan atau memperkerjakan khusus untuk disabilitas, contohnya di Amerika. Hal ini menjadi sinyal positif bagi anak-anak, dan mereka memiliki semangat untuk lebih mandiri dan percaya diri.

Baca Juga: Hari Disabilitas Internasional, Ini Harapan Kepala SLBN Cicendo Bandung

"Misalkan, anak kita sukanya kesenian, ya kita arahkan saja di kesenian. Jadi, kita yang mengarahkan anak-anak untuk lebih berprestasi lagi, bisa jadi di mata pencaharian mereka, karena nggak sedikit juga kalau anak-anak disabilitas itu ada yang berumah tangga juga kedepannya," imbuhnya.

Dia merasa bersyukur sekali bahwa anak-anak disabilitas itu sudah mulai diperhatikan oleh dunia, bahwa mereka tidak dikucilkan oleh orang lain, dan juga mereka memiliki potensi yang besar, bahkan bisa lebih sukses dari anak-anak normal yang lainnnya.

"Tanggapan saya amat sangat positif, saya bersyukur banget sekarang anak-anak disabilitas banyak yang mensupport," imbuhnya.

Baca Juga: Peringati Hari Disabilitas Internasional 2021, Jokowi Lantik Komnas Disabilitas

Selain itu, sebagai orangtua siswi Vania Nur Syiffa, kendala yang dihadapi oleh anak itu hanya masalah cara berkomunikasi dengan anak. Menurut Ega Peggy Senjatiningsih, setiap anak itu cara pemahamannya berbeda-beda, ada yang bisa langsung mengerti dan tidak.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X