• Selasa, 17 Mei 2022

Peneliti UPI Kembangkan Intensive Coaching dan Mentoring Sebagai Akselerasi Digital Startup Mahasiswa

- Selasa, 7 Desember 2021 | 12:45 WIB
Peneliti memberikan pemaparan kepada mahasiswa UPI terkait pengabdian kepada masyarakat (PKM) tentang Intensive Coaching dan Mentoring Sebagai Akselerasi Digital Startup Mahasiswa, secara daring. (Istimewa)
Peneliti memberikan pemaparan kepada mahasiswa UPI terkait pengabdian kepada masyarakat (PKM) tentang Intensive Coaching dan Mentoring Sebagai Akselerasi Digital Startup Mahasiswa, secara daring. (Istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - Tim Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melakukan penelitian pengabdian kepada masyarakat (PKM) tentang Intensive Coaching dan Mentoring Sebagai Akselerasi Digital Startup Mahasiswa.

Peneliti ini diketuai oleh Lili Adi Wibowo dan anggota Lisnawati, serta Sulastri. Tim peneliti  UPI ini merupakan dosen Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis UPI.

Penelitian yang dilakukan UPI mengadaptasi model Stirling et al yang dipublikasikan Tahun 2017 tentang Steps for Successful Mentorship serta langkah-langkah kegiatan choaching dan mentoring berdasarkan panduan choacing, mentoring, dan belajar mandiri yang dipublikasikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2021.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Terjang Jabar, Ini Kata Dosen Geografi UPI

Dalam rangka mencapai keberhasilan serta mempertahankan eksistensi startup dikalangan mahasiswa, peneliti berpandangan bahwa diperlukan program pengembangan bisnis melalui mentoring oleh para mentor.

Melalui mentoring ini, para pengusaha pemula mendapatkan manfaat dalam meninkatkan kinerja dan produktivitas dalam usaha, meningkatnya pemahaman dan pengetahuan dalam menjalankan aktivitas bisnis serta terbangunya relasi kemitraan dalam menciptakan inovasi dan perubahan.

Selain mentoring, peneliti menemukan bahwa faktor penentu keberhasilan dalam mengembangkan startup yang dapat dilakukan melalui intensive coaching dalam rangka meningkatkan relasi karyawan, kinerja usaha serta melakukan berbagi inovasi dalam merespon perubahan.

Baca Juga: Perkuat Keanekaragaman Budaya, Mahasiswa UPI Sukseskan Pertukaran Mahasiswa Merdeka

"Kami (tim peneliti) berpandangan bahwa mentoring dan intensive coaching berperan sangat penting dalam membantu startup bagi mahasiwa UPI untuk membantu mahasiwa yang mengalami kesulitan baik dalam hal financial, sumber daya manusia dan yang lainnya dalam mengembangkan stratupnya," kata Lili Adi Wibowo, Selasa 7 Desember 2021.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X