• Rabu, 26 Januari 2022

Rayakan Nataru di Rumah, Kapolda Jabar Imbau Masyarakat Tidak Berwisata

- Selasa, 7 Desember 2021 | 13:52 WIB
Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana meminta masyarakat tidak liburan saat Nataru ke lokasi wisata yang bisa menyebabkan kerumunan. (Rd Dani Nugraha/Inilahkoran)
Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana meminta masyarakat tidak liburan saat Nataru ke lokasi wisata yang bisa menyebabkan kerumunan. (Rd Dani Nugraha/Inilahkoran)

INILAHKORAN, Soreang - Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana mengimbau masyarakat untuk tidak berpergian ke tempat wisata pada saat liburan Natal dan tahun baru (Nataru).

Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana beralasan mengunjungi tempat wisata bakal menimbulkan kerumunan, terlebih saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

Suntana juga akan melakukan pengetatan penjagaan diberbagai tempat wisata agar benar-benar menerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona (covid-19).

Baca Juga: Libur Nataru, Ketua DPRD Ingatkan Masyakarakat Pengorban Nakes Hadapi Pandemi Covid-19

"Lebih baik di rumah saja kumpul dengan keluarga merayakan Natal dan tahun barunya. Kami juga akan melakukan pengetatan pengawasan di beberapa tempat wisata, agar pengelola dan  pengunjung menerapkan protokol kesehatan dan juga mengurangi kapasitas tempatnya," kata Suntana saat mengunjungi pelaksanaan vaksinasi masyarakat di Mapolresta Bandung di Soreang, Selasa 7 Desember 2021.

Dikatakan Suntana, beberapa tempat wisata memang memungkinkan dibuka. Karena memang pertimbangan level 3 ini masih memberikan ruang, namun dengan pembatasan jumlah pengunjung. Yakni sekitar 30 persen dari kapasitas tempat tersebut. Kemudian menerapkan prokes yang ketat seperti menggunakan masker, jaga jarak serta pengelola menyiapkan hand sanitizer, alat cek suhu tubuh, menggunkan aplikasi pedulilindungi dan lainnya.

"Untuk pengamanan Natal dan tahun baru ini, kami akan mengoptimalkan personil yang ada. Kemudian kami juga kan dibantu oleh kawan-kawan dari TNI dan Pemda yah. Karena memang event ini juga digelar disemua tempat. Namun kalau dibutuhkan bantuan kami bisa mendatangkan, kan dari Jakarta ke Bandung itu dekat yah,"  ujarnya.

Baca Juga: Hacker Samarinda Diringkus Polda Jabar di Bandung Bobol Kartu Prakerja, Tiap Bulan Kantongi Rp500 Juta

Suntana melanjutkan, target vaksinasi hingga saat ini telah  lebih dari 60 persen. Sehingga, pada akhir Desember mendatang ia optimistis bisa mencapai 70 persen. Keinginan tersebut sangat beralasan, karena upaya vaksinasi terus gencar dilaksanakan oleh pemerintah daerah yang optimalisasinya terus dibantu oleh TNI dan Polri. Dengan capain 70 persen warga telah di vaksin, diharapkan akan segera terbentuk kekebalan terhadap virus corona (herd imunity).

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X