• Selasa, 17 Mei 2022

Ini Jurus Jitu Hengky Kurniawan Atasi Jumlah TKA di KBB

- Kamis, 9 Desember 2021 | 11:59 WIB
Plt Bupati Bandng Barat Hengky Kurniawan (Agus Satia Negara)
Plt Bupati Bandng Barat Hengky Kurniawan (Agus Satia Negara)

INILAHKORAN, Ngamprah – Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengaku punya beberapa jurus jitu untuk mengantisipasi memblukdaknya para tenaga kerja asing (TKA) di KBB.

Hengky Kurniawan mengatakan, guna mengantisipasi membludaknya jumlah TKA yang masuh ke Indonesia, khususnya ke KBB, perlu ada kelengkapan peraturan yang mengatur persyaratan tenaga kerja asing, serta pengamanan penggunaan tenaga kerja asing.

Menurut Hengky, peraturan itu harus mengatur aspek-aspek dasar dan bentuk peraturan yang mengatur tidak hanya di tingkat kementerian, dengan tujuan penggunaan tenaga kerja asing secara selektif dengan tetap memprioritaskan Tenaga Kerja Lokal.

Baca Juga: Antisipasi Munculnya Omicron di KBB, Hengky Kurniawan Bakal Lakukan Langkah Ini

"Oleh karenanya dalam mempekerjakan tenaga kerja asing, dilakukan melalui mekanisme dan prosedur yang sangat ketat, terlebih dengan cara mewajibkan bagi perusaahan atau korporasi yang mempergunakan TKA bekerja di Indonesia dengan membuat Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Nomor PER.02/MEN/III/2008 Tentang Tata Cara Penggunaan Tenaga Kerja Asing,"  katanya, Kamis 9 Desember 2021.

Namun demikian, lanjut dia, berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri R.I Nomor 011/5976/sj tanggal 21 Oktober 2021 tentang Percepatan Penyusunan Regulasi Persyaratan Dasar Perizinan Berusaha, Penyelenggaraan Layanan Persetujuan Bangunan Gedung dan Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung, Serta Retribusi Penggunaan Tenaga Kerja Asing, berdasarkan hal tersebut Peraturan Daerah harus mengacu kepada Surat Edaran Kemenaker R.I Nomor M/8/H.K.04/VI/2021 tanggal 17 Juni 2021 tentang Penyesuaian Peraturan Daerah atau Peraturan Kepala Daerah Mengenai Retribusi Daerah yang berasal dari Pembayaran Dana Kompensasi Penggunaan Tenaga Kerja Asing perpanjangan.

"Artinya ada retribusi ke kas daerah yang harus dibayarkan TKA yang bekerja di KBB dan saya berharap manfaatnya dapat dirasakan oleh kalangan dunia usaha, para pengguna TKA juga pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bandung Barat pada umumnya," tandasnya.

Baca Juga: Hengky Minta 148 Titik Drainase Penyebab Banjir di KBB Dinormalisasi

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) KBB, Panji Hermawan mengatakan, jumlah TKA di KBB terdapat sekitar 127 orang yang tengah intens mengerjakan proyek pembangunan nasional KCJB.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Selasa 17 Mei 2022

Selasa, 17 Mei 2022 | 08:05 WIB
X