DPRD Kota Bandung Optimistis Pelantikan Wali Kota Rampung Sebelum Tiga Bulan

- Rabu, 15 Desember 2021 | 22:07 WIB
Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan optimistis pelantikan wali kota rampung sebelum tiga bulan. (net)
Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan optimistis pelantikan wali kota rampung sebelum tiga bulan. (net)

INILAHKORAN, Bandung - Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan optimistis pelantikan wali kota dan wakil dapat tuntas sebelum tiga bulan ke depan. Itu sesuai target Gubernur Jabar Ridwan Kamil usai Wali Kota Bandung Oded M Danial wafat pada Jumat 10 Desember 2021.

"Secara waktu bisa diproses sesuai aturan, pelantikan wali kota dan wakil itu bisa dilakukan di bawah tiga bulan, mudah-mudahan bisa berlansung lancar," kata Tedy di DPRD Kota Bandung, Rabu 15 Desember 2021.

Untuk itu, Tedy meminta dukungan dari Pemprov Jabar dan Kemendagri agar proses itu berjalan lancar. DPRD Kota Bandung pun diakuinya akan mengakselerasi pelantikan wali kota dan wakil tersebut.

Baca Juga: DPRD Bergerak Cepat, Besok Bahas Pemberhentian Oded sebagai Wali Kota Bandung

"Prosesnya, di Gubernur 10 hari, Kemendagri 5 hari, baru keluar dari Kemendagri SK pemberhentian, minta dukungan juga Pemprov dan Kemendagri," ucapnya.

Saat ini, pihaknya telah mendapat surat resmi dari Pemkot Bandung terkait penunjukan Yana Mulyana sebagai Plt Wali Kota Bandung.

"Kita akan segera tindaklanjuti, DPRD akan mematuhi aturan perundang-undangan Rabu akan menggelar Bamus, menjadwalkan dan mengagendakan terkait dengan pengumuman wafatnya Mang Oded sekaligus juga mengajukan pemberhentian kepada Kemendagri," ujarnya.

Baca Juga: Pembina Vihara Sebut Oded Berikan Kenyamanan Antar Umat Beragama

Diketahui, proses ini terbagi menjadi tiga tahapan, terdiri dari sidang Paripurna pemberhentian Wali Kota yang menjabat, dilanjutkan dengan sidang Paripurna penunjukan Wakil Wali Kota untuk menjadi Plt, lalu sidang Paripurna pemberhentian Wakil Wali Kota.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X