Beri Motivasi Warga Binaan, Baznas Jabar Menggelar ESQ di Lapas Perempuan Bandung

- Kamis, 30 Desember 2021 | 10:47 WIB
Baznas Jabar menggelar emotional spiritual quotient (ESQ) untuk memberikan motivasi kepada penghuni Lapas Perempuan Kelas IIA Bandung.  (INILAH/Yogo Triastopo)
Baznas Jabar menggelar emotional spiritual quotient (ESQ) untuk memberikan motivasi kepada penghuni Lapas Perempuan Kelas IIA Bandung. (INILAH/Yogo Triastopo)

INILAHKORAN, Bandung - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat menilai peran memberikan semangat terhadap kaum wanita harus terus digalakkan. Terlebih mereka yang saat ini tengah menjalani hukuman di lembaga pemasyarakatan (Lapas).

Atas hal itu, Baznas Jawa Barat menggelar emotional spiritual quotient (ESQ) untuk memberikan motivasi kepada penghuni Lapas Perempuan Kelas IIA Bandung. Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan peringatan hari Ibu yang jatuh di setiap 22 Desember dalam setiap tahunnya.

"Hari ini adalah hari memperingati Hari Ibu. Kita ingin berikan kebahagiaan ke para wanita atau ibu yang ada di sana. Kebahagiaan sejati, dan kita juga bawa training ESQ dalam lapas dan pertama di Bandung," kata Wakil Ketua 1 Bidang Penghimpunan Baznas Jawa Barat Rachmat Ari Kusumanto, Rabu 29 Desember 2021.

Baca Juga: Jaga Muzaki Tetap Percaya dan Mendapatkan Keuntungan, Baznas Jabar Luncurkan Senyum Muzaki

Rachmat menilai, ESQ yang diberikan akan berdampak pada peningkatan spiritualitas dari penghuni Lapas Perempuan. Setidaknya ada 60 penghuni Lapas Perempuan yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

"Harapannya makin meningkatkan kesadaran, bahwa mereka disayang oleh pemilik jagat semesta. Artinya berikan makna bahwa marilah berprasangka baik. Karena prasangka itulah yang membuat yakin pada Allah," ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut, Baznas Jabar juga, dikatakan dia memberikan bingkisan berupa alat salat hasil kolaborasi dengan JNE dan Cordoba. "Ada bingkisan JNE perangkat shalat mukena sajadah alquran dan parfum biar wangi, diberikan 60 set," ujar dia.

Baca Juga: Realisasikan Bedah Rumah, Baznas Jabar Bergerak Bantu Warga Miskin

Sementara itu, Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Bandung Prahartati mengapresiasi, kegiatan yang diinisiasi aznas Jabar. Dengan ESQ yang diberikan, para penghuni lapas diharapkan dapat pemantik semangat berkreasi usai keluar dari lapas.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

12 Anggota GMBI Dituntut Satu Tahun Bui

Rabu, 6 Juli 2022 | 18:15 WIB
X