• Jumat, 1 Juli 2022

Pemkot Bandung Luncurkan Mobil Derek Hidrolik Pertama di Indonesia

- Kamis, 30 Desember 2021 | 12:49 WIB
Pemkot Bandung meluncurkan mobil derek otomatis pertama di Indonesia. (INILAH/Yogo Triastopo)
Pemkot Bandung meluncurkan mobil derek otomatis pertama di Indonesia. (INILAH/Yogo Triastopo)
INILAHKORAN, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung merilis mobil derek hidrolik otomatis bernama Bandung Mobil Derek (Bandrek) pada Kamis 30 Desember 2021.
 
Mobil derek tersebut, merupakan inovasi dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung dan menjadi mobil derek hidrolik pertama di Indonesia. Pembuatan mobil ini menelan anggaran Rp 2.1 miliar. 
 
Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, dengan adanya Bandrek menjadi solusi penindakan parkir liar di Kota Bandung terutama di titik-titik strategis. 
 
 
"Idealnya nanti di pusat kota, dan di titik-titik keramaian lah yah. Mobil ini juga sangat praktis, mengurangi jumlah petugas juga waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama," kata Yana seusai meresmikan mobil derek di Jalan Ciliwung, Kota Bandung
 
Menurutnya, Pemkot Bandung akan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menambah unit Bandrek. Bahkan, Pemprov Jabar telah berencana menambah dua unit Bandrek. 
 
"Mudah-mudahan ada efek jera dengan adanya mobil derek ini. Kan kalau kendaraanya hanya satu, kurang ideal juga. Minimal membuat efek jera. Jadi buat warga yang melakukan aktifitas di Kota Bandung tolong ikut menjaga ketertiban Kota Bandung," ucapnya. 
 
 
Sementara itu, Kepala Dishub Kota Bandung Ricky Gustiadi mengatakan, dengan hadirnya Bandrek diharapkan dapat meminimalisir kerusakan pada kendaraan yang dilakukan penindakan. 
 
"Terutama saat diparkir. Dia ada rem tangan dan matic. Kalau dengan ini bisa diangkut dengan mudah. Jadi tidak merusak kendaraannya," kata Ricky. 
 
Saat ini, Dishub Kota Bandung, dituturkannya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang cara kerja Bandrek. Adapun mobil yang bisa diangkut oleh Bandrek maksimal berbobot 1.8 ton. 
 
"Sejak diresmikan ini, kita langsung operasikan. Sebetulnya kemarin sudah dilakukan sosialisasi, tapi secara resmi menggunakan mobil derek yang sudah kita modifikasi baru hari ini kita mulai," ucapnya. *** (Yogo Triastopo) 

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekolah Swasta Diajak Lebih Berani Berkompetisi

Jumat, 1 Juli 2022 | 11:21 WIB

PPDB 2022 di KBB, Orang Tua Terpaku pada Zonasi

Kamis, 30 Juni 2022 | 15:11 WIB
X