• Selasa, 5 Juli 2022

Polisi Segera Periksa Pengunggah Video Berisi Dugaan Ujaran Kebencian Habib Bahar

- Minggu, 2 Januari 2022 | 11:50 WIB
Tim penyidik Polda Jabar seger memeriksa pengunggah video ceramah Bahar bin Smith. (INILAH/Cesar Yudistira)
Tim penyidik Polda Jabar seger memeriksa pengunggah video ceramah Bahar bin Smith. (INILAH/Cesar Yudistira)

INILAHKORAN, Bandung - Penyidik Polda Jabar segera memeriksa TR pengunggah video yang berisi ceramah Bahar bin Smith, alias Habib Bahar yang diduga berisi muatan ujaran kebencian.

Sebelumnya, Polda Jabar telah menggeledah kediaman TR, dan menyita beberapa barang bukti. Di antaranya, akun youtube, hand phone, hingga akun email. Penggeledahan dilakukan dalam rangka mengumulkan barang bukti terkait isi ceramah dugaan ujaran kebencian Bahar bin Smith alias Habib Bahar.

"Kami akan memeriksa TR (pengunggah video ceramah Bahar (Habib Bahar), ke youTube)," kata Tim Penyidik Polda Jabar Kombes Pol Arif Rachman, saat ditemui di Mapolda, Minggu 2 Desember 2022.

Baca Juga: Dugaan Ujaran Kebencian Bahar Bin Smith, Polisi Periksa 50 Orang Saksi

TR akan dimintai keterangan terkait soal unggahannya, yang diduga memuat ceramah Bahar. Sebelumnya juga polisi telah mengamankan beberapa barang bukti di rumah TR.

Dalam penggeledehan tersebut, polisi amankan melakukan satu unit ponsel, laptop, dan menyita juga satu akun chanel media youtube atas nama TR. Polisi juga kemudian menyita satu email.

Sementara untuk Bahar, ia direncanakan bakalan diperiksa terkait dengan ujaran kebencian. Pemeriksaan bakal dilaksanakan pada Senin 3 Januari 2021.

Baca Juga: Lemkapi Dukung Polda Jabar Usut Tuntas Kasus Dugaan Ujaran Kebencian Habib Bahar

Adapun penyidikan tersebut didasari oleh laporan polisi bernomor B 6354/12/2021 SPKT PMJ 2021. Dia dijerat Pasal 28 ayat 2 Jo 45 a UU ITE dan atau Pasal 14 15 UU RI nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana. *** (Cesar Yudistira)

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Selasa 5 Juli 2022

Selasa, 5 Juli 2022 | 08:05 WIB
X