• Selasa, 17 Mei 2022

Hakim Tolak Praperadilan Terdakwa Korupsi Kadin Jabar

- Senin, 3 Januari 2022 | 19:47 WIB
ilustrasi hukum (istimewa)
ilustrasi hukum (istimewa)

INILAHKORAN- Pengadilan Negeri Bandung menolak praperadilan yang diajukan oleh terdakwa  kasus dugaan korupsi dana hibah Rp 1,7 miliar sekaligus pengurus Kadin Jawa Barat Tatan Pria Sudjana.

Hal itu diputuskan majelis hakim tunggal Syarif saat sidang putusan di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Senin (3/1/2022).

Menurut Kasi Pidsus Kejari Bandung Taufik Effendi, penolakan praperadilan yang diajukan terdakwa Tatan, dinilai hakim penetapan sebagai tersangka, telah sesuai aturan yang dilakukan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandung.

Baca Juga: Pengurus Kadin Jabar Tatan Pria Sudjana Ditahan di Kebonwaru, Dugaan Korupsi Dana Hibah Provinsi

"Penetapan (tersangka) memenuhi dua alat bukti, Permohonan dianggap gugur setelah penetapan hari sidang dan sidang I sesuai SEMA," katanya, saat dihubungi via ponselnya.

"Sejak diterima pengadilan, tersangka jadi terdakwa, kewenangan penahanan oleh hakim. Bukti T-21 dan T-22 cukup beralasan hukum, praperadilan dinyatakan gugur," sambung dia.

Dengan begitu pun, sidang pemeriksaan pokok perkara akan dilanjutkan. Sidang akan kembali berlangsung pada Rabu (5/1/2022) mendatang.

Baca Juga: Usai Dilantik, Kadin Bogor Janji Bantu Pemkot Membangun Pemerintah Bersih

Tatan dijadikan tersangka oleh Kejari Bandung, dalam dugaan korupsi dana hibah senilai Rp 1,7 miliar dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat ke Kadin Jabar.

Penetapan tersangka ini berdasarkan surat penetapan tersangka dengan nomor 3263/M.210/Fd./07/2021. Surat dikeluarkan pada 15 Juli 2021.***

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Selasa 17 Mei 2022

Selasa, 17 Mei 2022 | 08:05 WIB
X