• Senin, 16 Mei 2022

Ini Alasan Kuat Hakim Bebaskan Mantan Kades Cikole Lembang

- Rabu, 12 Januari 2022 | 19:15 WIB
Rizki Rizgantara kuasa hukum Kades Cikole  Jajang Ruhiyat  membeberkan alasan majelis hakim membebaskan kliennya.   (Inilahkoran)
Rizki Rizgantara kuasa hukum Kades Cikole Jajang Ruhiyat membeberkan alasan majelis hakim membebaskan kliennya. (Inilahkoran)

 

INILAHKORAN, Bandung – Rizki Rizgantara kuasa hukum mantan Kades Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat menegaskan tidak adanya kerugian negara alasan kuat majelis hakim membebaskan Jajang Ruhiyat.

Mantan Kades Cikole Jajang Ruhiyat dinyatakan dibebaskan dari semua dakwaan JPU Kejati Jabar oleh ketua majelis hakim T Benny Eko Supriadi dalam putusan sela di Pengadilan Negeri Bandung, Jalan RE Martadinata, Rabu 12 Januari 2022.

Selain dibebebaskan dari semua dakwaan, majelis hakim juga memerintahkan agar jaksa mengeluarkan mantan Kades Cikole Jajang Ruhiyat dari tahanan.   

Baca Juga: Mantan Kades Cikole Lembang Divonis Bebas dari Korupsi Manipulasi Aset

Mantan Kades Cikole dibebaskan, menurut  Rizki lantaran berdasarkan dakwaan Pasal 2 dan 3 yang digunakan oleh jaksa, perkara ini tak ada kerugian negara.

Dari dakwaan, kata dia, inspektorat menghitung kerugian negara pada 24 Mei 2021. Sedangkan pada 30 Maret 2021, kliennya sudah mengembalikan lagi ke kas negara.

"Saat memeriksa sudah dikembalikan lagi tanah ke kas desa. Kami berpandangan tidak ada kerugian negara,” katanya.

Makanya, langkah ke depan pihaknya bakal mengajukan surat permohonan kepada Jaksa Agung, Jampidsus hingga Kejati Jabar, agar dilakukan eksaminasi khusus perkara ini.  

”Langkah ke depan berkirim surat permohonan supaya petinggi melaksanakan eksaminasi," ujarnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X