OPM Minyak Goreng, Ridwan Kamil Berharap Harga Kembali Stabil di Tingkat Pasar

Pemprov Jabar bersama Disdagin Kota Bandung menggelar OPM minyak goreng. Diharapkan, harga kembali stabil di tingkat pasar.

OPM Minyak Goreng, Ridwan Kamil Berharap Harga Kembali Stabil di Tingkat Pasar
OPM minyak goreng digelar, Ridwan Kamil berharap harga kembali stabil di tingkat pasar.

 

INILAHKORAN, Bandung - Pemprov Jabar bersama Disdagin Kota Bandung menggelar OPM minyak goreng seharga Rp14 ribu per liter. Diharapkan, harga kembali stabil di tingkat pasar.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, operasi pasar murah atau OPM minyak goreng itu digelar di 11 kabupaten/kota yang dipilih Pemprov Jabar. Dengan gelaran itu, diharapkan harga kembali stabil di tingkat pasar. Untuk Kota Bandung, OPM minyak goreng dimulai hari ini di Taman Dewi Sartika, Balai Kota Bandung.

"Minggu ini akan dilengkapkan ke-27 kota dan kabupaten. Kemudian diubah dengan beberapa cara, biar langsung cepat sampai ke masyarakat. OPM minyak goreng ini ada yang dipusatkan di titik-titik tertentu supaya harga kembali stabil," kata Ridwan Kamil, Kamis 13 Januari 2022.

Baca Juga: OPM Minyak Goreng di Kota Bogor Sediakan 19,2 Ribu Liter dengan Banderol Rp14 Ribu per Liter

Dia menuturkan, OPM minyak goreng yang dilakukan menggunakan mekanisme pembagian ke kelurahan ini dapat meminimalisir kerumunan jika dibandingkan dengan melakukan operasi pasar di tempat terbuka.

"Sehingga warga bisa cukup datang ke kantor kelurahan atau kantor desa. Nanti di desanya dilaksanakan operasi pasarnya. Jadi tidak selalu dipusatkan di tempat tempat besar seperti ini," ucapnya.

Setelah dilakukan OPM minyak goreng ini, Emil berharap harga minyak goreng di tingkat pasar bisa berangsur turun dan harga kembali stabil. Selain itu, dirinya berpesan agar pihak-pihak di level daerah, dapat mencontoh apa yang dilakukan Kota Bandung dalam berinisiatif melakukan operasi pasar secara mandiri.

Baca Juga: Catat! Kamis 13 Januari 2022 Besok OPM Minyak Goreng Digelar di Balai Kota Bandung

"Sehingga, semakin banyak kita banjiri dengan harga yang murah ataupun siapapun inisiatifnya mudah mudahan mengerek harga kembali stabil dan normal," ujarnya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengapresiasi dengan hadirnya OPM minyak goreng tersebut. Menurutnya hal ini sangat membantu bagi kalangan masyarakat yang membutuhkan baik industri maupun perseorangan.

"Mudah-mudahan dengan OPM minyak goreng ini dengan ada yang kita jual langsung di sini kemudian juga kita sebar ke kelurahan kelurahan sehingga mempercepat proses distribusi dan bisa menurunkan harga dan harga kembali stabil," kata Yana.

Baca Juga: Dibanderol Rp14 Ribu per Liter, OPM Minyak Goreng Kabupaten Bandung Dijatah 7.900 Liter

Kota Bandung mendapat jatah sebanyak 7.200 liter dalam OPM minyak goreng yang disalurkan kepada masing-masing kelurahan. Meski demikian, pihaknya menyediakan sekitar 500-600 liter yang dapat dibeli langsung masyarakat on the spot.

Diketahui, hingga hari ini harga minyak goreng di tingkat pasar menembus angka Rp20-24 ribu per liter. Sedangkan, dalam OPM minyak goreng itu hanya dibanderol Rp14 ribu per liter. (Yogo Triastopo)


Editor : inilahkoran