• Kamis, 7 Juli 2022

Tim Saber Pungli Jawa Barat Sita Puluhan Juta Rupiah Dari Wakasek SMA Negeri 22 Bandung

- Minggu, 16 Januari 2022 | 10:55 WIB
Tim Saber Pungli Jawa Barat amankan uang Rp 30 juta dari Wakasek SMA Negeri 22 Bandung terkat dugaan Pungli mutasi siswa dan siswi di sekola tesebut. (Ilustrasi/Net)
Tim Saber Pungli Jawa Barat amankan uang Rp 30 juta dari Wakasek SMA Negeri 22 Bandung terkat dugaan Pungli mutasi siswa dan siswi di sekola tesebut. (Ilustrasi/Net)

INILAHKORAN, Bandung - Tim Saber Pungli Jawa Barat higga kini masih memeriksa Kepala SMA Negeri 22 Bandung dan wakilnya dalam dugaan praktik pungutan liar (Pungli).

Saat ini tim Saber Pungli Jawa Barat masih mendalami dugaan praktik Pungli di SMA Negeri 22 Bandung tersebut.

"Barang buktinya, (uang) 30 juta," kata Kepala Bidang Data dan Informasi (Kabid Datin) Saber Pungli Jawa Barat, Yudi Ahadiat, Minggu 16 Desember 2022.

Baca Juga: Buntut OTT Tim Saber Pungli Jabar, Dadang Supriatna Bakal Bubarkan Korwil Disdik 

Barang bukti itu didapat, berawal adanya tiga orang siswa yang mutasi ke SMA 22 Bandung. Para orang tua murid, diminta membayar uang Rp. 20 juta oleh wakil kepala sekolah bidang humas, sebagai salah satu syarat masuk ke sekolah tersebut.

"Kita lakukan lidik dari tanggal 13 sampai kemarin, Jumat. Kita langsung ke lokasi melakukan pemeriksaan terhadap yang diduga meminta uang adalah wakil kepala sekolah bidang humas saudari ER atas persetujuan atau diketahui oleh Kepala sekolah saudara H terhadap orang tua siswa mutasi," katanya.

Uang yang diminta pun tak diamini. Namun antar orang tua dan ER, melakukan negoisasi. Dari negoisasi tersebut, disepakati setor uang masuk yakni sebesar Rp 10 juta.

Baca Juga: Dari 100 Smart City di Indonesia, Kota Bandung Paling Terbaik

"Setelah melakukan pengamanan barang bukti dan pemeriksaan, terbukti adanya Pungli karena tidak ada dasar hukum atau standar biaya untuk harga mutasi siswa," tambahnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

  Dihantam PMK, Penjualan Hewan Qurban Menurun

Kamis, 7 Juli 2022 | 11:49 WIB

Jadwal SIM Keliling Kota Bandung 7 Juli 2022

Kamis, 7 Juli 2022 | 08:05 WIB

12 Anggota GMBI Dituntut Satu Tahun Bui

Rabu, 6 Juli 2022 | 18:15 WIB
X