• Senin, 23 Mei 2022

Nadiem Makarim : Kegiatan PAUD Sangat Penting

- Senin, 17 Januari 2022 | 19:03 WIB
Menteri Pendidikan Nadiem Makarim menyebutkan PAUD sangat penting lantaran dirinya pun banyak  mengetahui Merdeka Belajar dari PAUD. (Oky Adiana)
Menteri Pendidikan Nadiem Makarim menyebutkan PAUD sangat penting lantaran dirinya pun banyak mengetahui Merdeka Belajar dari PAUD. (Oky Adiana)

INILAHKORAN, Bandung - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim mengatakan, kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) itu sangat penting.

Nadiem Makarim mengaku dirinya pun banyak belajar tentang Merdeka Belajar itu  dari PAUD.

"Otomatis projek best learning. Dia selalu berkelompok, bernyanyi, bermain, itu namanya Merdeka Belajar," kata Nadiem Makarim, saat mengunjungi SMP Negeri 2 Bandung, Senin 17 Januari 2022.

Dia mengatakan, kenapa anak-anak SMA tidak seperti PAUD, lebih dengan konsep bermain, berkolaborasi, beda dengan anak remaja. PAUD itu adalah, satu jendela dimana anak ini untuk menentukan, sekolah itu seru apa tidak.

Baca Juga: Antusiasme Mahasiswa Unjani Tinggi Ikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

"Jadi yang lebih penting lagi dari kemampuan baca, tulis dan hitung (Calistung) untuk anak, buat saya yang lebih penting lagi, anak itu dari umur kecil mengasosiasikan sekolah itu dengan kesenangan, mengasosiakan belajar dengan kesenangan, mengasosiasikan buku dengan keseruan, apa tidak," kata Nadiem.

Menurut dia, kalau ditanya penting atau tidak PAUD itu, jawabannya sangat penting. Tapi definisi literasinya apa dulu. Bagi banyak orang definisi literasi itu anak bisa conecting apa tidak. Anak-anak bisa baca sampai dia kelas 3, abis itu drop dan jatuh dengan negara-negara lain.

"Kenapa, karena yang diajarkan membaca, bukan diajarkan mengerti bacaannya apa. Dan satu-satunya cara untuk kita ngajarin anak-anak, nggak ada cara lain anak itu harus senang baca," ucapnya.

Baca Juga: Implementasikan Merdeka Belajar, Disdik KBB Terima Hibah Matching Fund

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Senin 23 Mei 2022

Senin, 23 Mei 2022 | 08:05 WIB
X