• Jumat, 27 Mei 2022

Mantan Kades Cihawuk Jadi Tersangka Kasus Korupsi, Ini Kata Pejabat Pemkab Bandung

- Selasa, 18 Januari 2022 | 10:41 WIB
Mantan Kepala Desa Cihawuk, AS, saat digiring ke sel tahanan Mapolres Bandung. Dia membantah melakukan korupsi dana desa. (INILAH/Rd Dani R Nugraha)
Mantan Kepala Desa Cihawuk, AS, saat digiring ke sel tahanan Mapolres Bandung. Dia membantah melakukan korupsi dana desa. (INILAH/Rd Dani R Nugraha)

INILAHKORAN, Bandung – Kasus dugaan korupsi mantan Kepala Desa Cihawuk, AS, menyita perhatian pejabat Kabupaten Bandung. Apa kata mereka?

Salah satunya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bandung, Tata Irawan. Dia mengaku prihatin dengan kasus yang menimpa mantan Kepala Desa Cihawuk yang melakukan korupsi dan merugikan negara.

Tata Irawan berharap pada kepala desa bisa benar-benar kooperatif ketika ada kejanggalan saat hasil pembangunannya dari dana desa ada yang mengkritisi.

“Kades jangan alergi dikritik warga. Kooperatif saja dan laksanakan tranparansi anggaran untuk setiap pembangunan. Masyarakat harus tahu apa yang menjadi haknya dalam pembangunan. Dengan begitu kepercayaan warga akan terjaga,” katanya.

Baca Juga: Digiring ke Sel Tahanan Atas Dugaan Korupsi, Mantan Kades Cihawuk Berteriak Lantang, Ini Katanya....

AS, setelah setahun kabur ke Palembang, akhirnya dicokok polisi. Bekas orang nomor satu di Desa Cihawuk, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung itu, diduga terlibat korupsi. AS disebut-sebut menilap penggunaan dana desa (DD) dalam rentang waktu 2016-2018.

Akibat perbuatan AS, negara mengalami kerugian sekitar Rp800 juta. Angka tersebut cukup besar untuk Desa Cihawuk.

Petualangan AS yang menjadi buron dan melarikan diri ke Palembang, Sumatera Selatan, sekitar satu tahun lama berkahir di balik jeruji besi tahanan Mapolresta Bandung di Soreang.

Baca Juga: Begini Kronologis Terungkapnya Kasus Dugaan Korupsi Mantan Kepala Desa Cihawuk

Halaman:

Editor: Zulfirman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Jumat 27 Mei 2022

Jumat, 27 Mei 2022 | 08:05 WIB
X