• Senin, 23 Mei 2022

Polrestabes Bandung Hanya Andalkan CCTV dan PJU, Minta Masyarakat Berani Menjadi Saksi Aksi Begal

- Selasa, 18 Januari 2022 | 15:02 WIB
Polrestabes Bandung meminta masyarakat berani menjadi saksi aksi begal. (Yogo Triastopo)
Polrestabes Bandung meminta masyarakat berani menjadi saksi aksi begal. (Yogo Triastopo)

INILAHKORAN, Bandung - Polrestabes Bandung mengungkapkan, aksi begal kembali terjadi di Kota Bandung. Kejadian terekam CCTV kantor Kecamatan Cibeunying Kidul, Jumat 7 Januari 2022.

Kepala Seksi Umum Polrestabes Bandung Kompol Rahayu mengaku sangat menyayangkan minimnya keberadaan CCTV di beberapa titik rawan kejahatan aksi begal di Kota Bandung.

"Keberadaan CCTV ini pada malam hari minim sekali. Lalu saksi dan masyarakat juga masih enggan untuk menjadi saksi apabila dia melihat tindak kejahatan. Jadi belum ada kesadaran untuk membantu mengungkap kasus yang ditangani Polrestabes Bandung," kata Rahayu, Selasa 18 Januari 2022.

Baca Juga: JPO Paledang Dipasang enam CCTV Biar Copet Gak Merajalela

Menurutnya, modal utama untuk mengungkap kasus kejahatan seperti aksi begal pada malam hari sejauh ini Polrestabes Bandung hanya mengandalkan fasilitas publik seperti penerangan jalan umum (PJU) dan CCTV.

"Modal kita sekarang hanya PJU dan CCTV. Tetapi CCTV juga harus dalam kondsi bagus dan posisinya juga bagus itu kita bisa lihat. Karena kita sebenarnya sudah mapping untuk kejahatan dijalan. Jadi kita samakan apakah motifnya modus dan kita akan berasumsi ke sana. Namun untuk saat ini yang baru kita andalkan adalah CCTV saja dan PJU saja," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung Yayan A Briliana mengatakan saat ini CCTV yang sudah terpasang di beberapa titik jalan dan fasilitas publik hanya 700 unit. Namun, kata dia, jumlah tersebut masih sangat minim untuk mengawasi aksi kejahatan.

Baca Juga: Viral Begal Bersenjata Beraksi Di Bandung

"Jumlah CCTV di Bandung ini hampir 700 unit. Untuk tahun ini, Insya Allah saya akan menggandeng beberapa perusahaan seperti Bali Tower dan lain-lain untuk pengadaan CCTV dan wifi gratis. Dan ini ini kami akan meminta agar sebagian keuntungan bisa dialokasikan untuk keamanan dan kenyamanan masyarakat kota Bandung," kata Yayan. (Yogo Triastopo)

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Senin 23 Mei 2022

Senin, 23 Mei 2022 | 08:05 WIB
X