• Senin, 23 Mei 2022

Perumda Tirtawening Kota Bandung Gandeng PT Adaro untuk Kendalikan Kebocoran Air Minum

- Selasa, 18 Januari 2022 | 17:52 WIB
Perumda Tirtawening Kota Bandung menggandeng PT Adaro untuk pengendalian kebocoran air minum. (Yogo Triastopo)
Perumda Tirtawening Kota Bandung menggandeng PT Adaro untuk pengendalian kebocoran air minum. (Yogo Triastopo)

 

 

INILAHKORAN, Bandung - Perumda Tirtawening Kota Bandung menjalin kerja sama dengan PT Adaro Tirta Wening. Kolaborasi itu untuk mengendalikan kebocoran air minum di wilayah pelayanan utara Kota Bandung.

Direktur Utama Perumda Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi mengatakan, kerja sama dengan PT Adaro Tirta Wening diinisiasi sejak 2016. Usai penandatanganan kontrak pengendalian kebocoran air minum itu, selama tiga bulan ke depan akan dilakukan persiapan untuk memutuskan nilai akhir kerja sama.

"Di tiga bulan itu akan dipastikan ada kebocoran air minum berupa kehilangan air di beberapa titik. Kita sepakati di Utara Perumda Tirtawening Kota Bandung kehilangan air 43 persen dalam data kami. Bersama PT Adaro, kita akan bersama menyepakati ukuran yang akan menjadi indikator keberhasilan sebuah kerja sama, keluhan air, jumlah pelanggan input debit air produksi yang diproduksi," kata Sonny di Hotel Holiday Inn, Selasa 18 Januari 2022.

Baca Juga: Catat! Mulai Kamis Nanti Perumda Tirtawening Setop Aliran Air ke Dua Wilayah Kota Bandung

Dia menuturkan, target yang diharapkan dari kerja sama 11 tahun yaitu tingkat kehilangan atau kebocoran air minum itu dapat menurun dari 43 persen menjadi 17 persen atau kurang lebih 26 persen terselamatkan. Selain itu alasan kerja sama yang dilakukan baru di wilayah pelayanan utara disebabkan anggaran terbatas.

"Berdasarkan studi untuk perbaikan kebocoran air minum butuh Rp1,8 triliun ini asumsi business plan 2016-2021. Lebih dari 40 tahun umur pipa artinya kebocoran akibat pipa mendominasi kehilangan air," ucapnya.

Sonny menambahkan, investasi dengan nilai besar tidak dapat dihadirkan secara langsung di Bandung. Karena itu pihaknya akan melakukan secara bertahap dengan terlebih dahulu dilakukan di pelayanan utara.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Baznas Kota Bandung Raih Tiga Kali WTP

Sabtu, 21 Mei 2022 | 17:30 WIB

Kota Bandung Deklarasikan Sebagai Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 16:15 WIB
X