• Senin, 16 Mei 2022

Youth Space Kiaracondong Wadah Lahirkan Ide dan Gagasan

- Kamis, 20 Januari 2022 | 13:41 WIB
Youth Space hadir di Kecamatan Kiaracondong, Kamis 20 Januari 2022.  (Yogo Triastopo)
Youth Space hadir di Kecamatan Kiaracondong, Kamis 20 Januari 2022. (Yogo Triastopo)
INILAHKORAN, Bandung - Youth Space atau pusat kreatifitas pemuda di Kota Bandung terus hadir. Kali ini Youth Space hadir di Kecamatan Kiaracondong, Kamis 20 Januari 2022. 
 
Dengan disediakannya ruang tersebut, memberikan kemudahan bagi pemuda untuk melahirkan ide dan gagasan guna menghasilkan pembangunan yang relevan. 
 
"Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mengapresiasi langkah Pemkot Bandung yang senantiasa menghadirkan infrastruktur bagi pembangunan kepemudaan," kata Ketua DPD KNPI Kota Bandung Edwin Khadafi pada acara peresmian Youth Space di Kecamatan Kiaracondong, Kamis 20 Januari 2022. 
 
 
Pada kegiatan tersebut, Youth Space Kiaracondong diresmikan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Edi Marwoto serta Camat Kiaracondong Rina Dewi Yanti. 
 
Menurut Edwin, hadirnya ruang itu menjadi tantangan bagi pemuda untuk memberikan ide dan gagasan
 
"Tentu ini menjadi tantangan pemuda selepas pemerintah memberikan ruang krearif. Pemuda punya keterpanggilan karena  tidak bisa mengandalkan yang diberikan pemerintah, tapi untuk ikut kontribusi mengoptimalkan youth space," ucapnya. 
 
 
Edwin berharap, pemuda semakin bergairah sebagai upaya untuk pembangunan pemuda sesuatu dengan jumlah dan inovasinya. 
 
"Semakin menggairahkan geliat kepemudaan sebagai upaya pembangunan. Pemuda dengan jumlah kuantitas banyak, jangan sampai jumlahnya saja tapi karyanya juga banyak," ujar dia. 
 
Sementara itu, Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, Youth Space di Kiaracondong ini merupakan ke-7 dari rencana 30 ruang kreativitas. 
 
 
"Youth Space akan hadir di tiap kecamatan. Ini merupakan janji politik almarhum (Oded M. Danial) dan saya periode 2018-2023," kata Yana.
 
Yana berharap, tempat tersebut menjadi ruang bagi pemuda untuk ikut berpartisipasi menumbuhkan kreatifitas. 
 
"Harapannya ini menjadi tempat para pemuda di Kiaracondong menumbuhkan kreatifitas dan membangun dari yang baik menjadi lebih baik lagi, ucapnya. 
 
 
Yana pun optimis dengan berbagai karakteristik pemuda yang berbeda mampu membangun kebersamaan dan solidaritas. 
 
"Saya yakin pemuda Kircon memiliki karakteristik berbeda dengan solidaritas kebersamaan yang tingginya. Juga inovasi diharapkan lahir ditempat yang kita fasilitasi. Mudah-mudahan bisa menghasilkan berbagai gagasan, terutama pasca pandemi covid ini. Mempercepat peningkatan pemulihan ekonomi," ujar dia. 
 
Yana mengatakan, target tahun ini akan membangun 10 youth space. Sedangkan pada 2023 akan dibangun sebanyak 11 youth space.
 
 
"Anggarannya Rp170 juta setiap 1 youth space," ujarnya.
 
Dilain sisi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Edi Marwoto menerangkan, di 2021 dapat membangun youth space di tujuh lokasi. Antara lain kecamatan Antapani, Kiaracondong, Gedebage, Ujungberung, Mandalajati, Coblong dan Kecamatan Andir. 
 
"Pada tahun 2020 sudah ada 4 lokasi. Sampai akhir tahun 2021 sudah dibangun 11 lokasi," kata Edi. 
 
Edi mengatakan, pemuda memiliki peran dan karakteristik kedudukannya strategis dalam pembangunan kota Bandung
 
 
"Memerlukan wadah untuk pengembangan potensi pemuda dan bidang kepemimpinan, kewirausahaan pelopor dalam kolaboratif dalam ruang kepemudaan," ucapnya. 
 
Sementara itu, Camat Kiaracondong Rina Dewi Yanti menerangkan, tempat tersebut sebagai pusat komunikasi dan inovasi dalam unsur kepemudaan yang ada dalam. 
 
"Pemuda di Kiaracondong itu banyak, kami punya KNPI, Pramuka dan organisasi kepemudaan lainnya. Kami kumpulkan semuanya untuk bergabung bersatu dalam melahirkan gagasan," kata Rina. *** (Yogo Triastopo) 
 
 
 
 

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X