• Minggu, 22 Mei 2022

Cerita 'Kina Dari Bumi Pasundan' Lestarikan Kembali Sejarah Jawa Barat

- Jumat, 21 Januari 2022 | 10:03 WIB
Dara Bunga Rembulan adalah Sutradara dari film dokumenter series “Cerita Kina Dari Bumi Pasundan”.  (Okky Adiana)
Dara Bunga Rembulan adalah Sutradara dari film dokumenter series “Cerita Kina Dari Bumi Pasundan”. (Okky Adiana)
INILAHKORAN, Bandung - Dara Bunga Rembulan adalah Sutradara dari film dokumenter series “Cerita Kina Dari Bumi Pasundan”. 
 
Dia adalah salah satu dosen Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung program studi Televisi dan Film. 
 
Film ini merupakan karya ketiga di tahun 2021 yang sebelumnya telah menggarap Bertuah Tana Marapu, serta The Man From Pesalat Forest dan saat ini sedang mengembangkan script untuk pembuatan dokumenter salah satu kesenian di Garut Jawa Barat
 
 
Menurut Dara Bunga Rembulan, cerita "Kina Dari Bumi Pasundan" mengangkat isu tentang kina yang pernah berjaya pada masanya dan menjadi salah satu komoditas penting di Indonesia. 
 
"Tantangan dalam membuat film ini adalah bagaimana memvisualkan sejarah dan merangsang penonton untuk menumbuhkan kembali ingatan sejarah terhadap kejayaan kina melalui jejak peninggalannya, yang hingga kini dapat kita temui di wilayah Bandung Selatan dan Timur," ujar Dara Bunga Rembulan, Jumat 21 Januari 2022.
 
Dia menjelaskan, dalam episode 1 mengupas tentang bagaimana perjalanan kina di Jawa Barat serta jejak peninggalannya. Dalam episode 2 membahas tentang bagaimana proses produksi kina dari pembibitan hingga menjadi bubuk kina hingga didistribusikan.
 
 
Sementara dalam episode 3 membahas bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk mengangkat kembali kina dapat berjaya seperti pada masanya dulu melalui penelitian dan pengembangan teknologi saat ini.
 
"Proses shooting dilaksanakan di empat lokasi perkebunan milik PT Perkebunan Nusantara VIII yakni Kertamanah, Cinyiruan, Cikembang dan Pasir Junghun, serta satu lokasi berada di Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gambung, Jawa Barat dengan menghabiskan waktu selama 5 hari shooting," jelasnya.
 
Sementara itu, Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Jawa Barat Jumhari mendukung sepenuhnya pelestarian sejarah yang dikemas dalam media audio visual sehingga diharapkan informasi dan edukasi melalui film ini dapat membangkitkan memori serta serta memiliki peluang untuk menjadi komoditi di masa yang akan datang. 
 
 
"Film ini menyasar remaja sebagai target penontonnya untuk dapat ikut berperan serta melestarikan salah satu komoditas yang pernah Berjaya di Indonesia," ucap Jumhari.
 
Sebagai catatan, cerita Kina Dari Bumi Pasundan menampilkan Yulinar Fitriani (@ftrnylnr_) sebagai host yang merupakan 2nd Runner UP Puteri Indonesia Jawa Barat
 
Dimana Yulinar juga memiliki kegelisahan yang sama mengenai Sejarah pada masa lampau di Jawa Barat. Melalui film ini Yulinar berperan serta ikut melestarikan kina di Jawa Barat melalui penelitian yang dikerjakan.
 
 
Cerita Kina dari Bumi Pasundan akan tayang perdana dan dapat disaksikan melalui kanal https://indonesiana.tv milik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia atau juga melalui IndiHome CH 200 (SD) dan 916 (HD) pada Minggu, 23 Januari 2022, pukul 18.45 WIB. (Okky Adiana)***
 

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Baznas Kota Bandung Raih Tiga Kali WTP

Sabtu, 21 Mei 2022 | 17:30 WIB

Kota Bandung Deklarasikan Sebagai Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 16:15 WIB

KEREN, Pemkot Bandung Berhasil Quattrick WTP

Jumat, 20 Mei 2022 | 20:20 WIB

Uji Coba Flyover Kopo, Kapan Resmi Beroperasi?

Jumat, 20 Mei 2022 | 19:04 WIB
X