• Selasa, 5 Juli 2022

Dosen Unpad Elis Suryani Sebut Basa Sunda Tak Sekadar Alat Percakapan, Tapi...

- Minggu, 23 Januari 2022 | 10:30 WIB

INILAHKORAN, Bandung- Dosen Program Studi Sastra Sunda Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran, Elis Suryani Nani Sumarlina menegaskan bahasa Sunda tak sekadar alat percakapan.

Menurut Elis Suryani, bahasa Sunda termasuk bagian dalam sebuah unsur budaya.

Elis Suryani menjelaskan, hal tersebut termaktub dan diatur dalam UUD 1945 Pasal 32 Ayat 2 dan dipertegas melalui peraturan daerah yang berlaku di setiap provinsi di Indonesia.

Baca Juga: Keren! Anggota DPRD ini Bantu Masyarakat Miskin di Bogor untuk Tebus Ijazah

“Di Jawa Barat, Perda Gubernur Jabar Nomor 5 tahun 2003 dan direvisi tahun 2014, menjelaskan berkaitan dengan Pemeliharaan Bahasa, Sastra, dan Aksara Daerah (Sunda). Berkaitan dengan hal inilah, bahasa sebagai alat komunikasi, harus dijunjung tinggi keberadannya, sebagaimana tercantum dalam Sumpah Pemuda,” kata Elis, dikutip dari laman Unpad, Sabtu 22 Januari 2022.

Penggunaan bahasa Sunda bukan hanya dipakai sebagai alat komunikasi antarsesama orang Sunda.

Dalam konteks luas, bahasa Sunda telah dipakai dalam pertemuan ilmiah, baik di tingkat nasional maupun internasional, yang memaparkan, membahas, dan mengkaji seputar budaya Sunda.

Baca Juga: Butut Kasus Arteria Dahlan, Budayawan: Orang Sunda Jangan Mau Dipolitisasi!

Elis mencontohkan, di lingkungan Prodi Sastra Sunda Unpad pernah ada mahasiswa yang menulis skripsi dengan menggunakan bahasa Sunda.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X