• Jumat, 20 Mei 2022

Kabupaten Bandung Jadi Pilot Project Desa Peternakan Terpadu Berkelanjutan Kemendes PDTT

- Minggu, 23 Januari 2022 | 18:15 WIB
Kabupaten Bandung menjadi pilot project Desa Peternakan Terpadu Berkelanjutan Kemendes PDTT. (Dani R Nugraha)
Kabupaten Bandung menjadi pilot project Desa Peternakan Terpadu Berkelanjutan Kemendes PDTT. (Dani R Nugraha)

INILAHKORAN, Bandung - Kabupaten Bandung menjadi proyek percontohan program Desa Peternakan Terpadu Berkelanjutan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT).

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan, lokasi proyek percontohan program Desa Peternakan Terpadu Berkelanjutan itu berada di Desa Nagrak, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung. Nantinya, program dikelola lima desa di Kecamatan Pacet yang tergabung dalam satu Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bersama yang bernama Waluya Balarea.

Dia menuturkan, proyek percontohan program Desa Peternakan Terpadu Berkelanjutan itu dapat memberi angin segar dan membangkitkan semangat bagi masyarakat untuk mengoptimalkan segala potensi ekonomi dan sumber daya alam di Kabupaten Bandung.

Baca Juga: Dorong Pengembangan Potensi Wisata, Warga Situ Ciburuy KBB Swadaya Lakukan Pembenahan Rutin

“Kehadiran BUMDes ini dapat mendorong pergerakan ekonomi kreatif dan produktif sehingga dapat menyejahterakan masyarakat di wilayah Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung,” kata Dadang saat Peresmian Program Desa Peternakan Terpadu Berkelanjutan, Minggu 23 Januari 2022.

Dadang berharap, BUMDes Waluya Balarea tumbuh berkembang serta fokus dalam menjalankan usaha peternakan, sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat luas.

“Saya menndorong agar program Desa Peternakan Terpadu Berkelanjutan ini bisa berkembang ke desa-desa lain. Sehingga apa yang dicita-citakan pak menteri dapat terwujud. Sekarang baru satu BUMDes yang diresmikan, atau ada sekitar 55 kelompok lagi yang akan menjadi lokus proyek percontohan ini, tentunya disesuaikan dengan potensi daerah masing-masing,” ujarnya.

Baca Juga: Jurus Kemendes PDTT Basmi Narkoba & Makmurkan Desa

Sementara itu, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar menuturkan proyek percontohan program Desa Peternakan Terpadu Berkelanjutan tersebut disiapkan di tujuh kabupaten yakni Kabupaten Bandung, Cirebon, Kebumen, Nganjuk, Jombang, Lumajang, dan Kudus.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X