• Jumat, 20 Mei 2022

Semua Enam Pasien Omicron Bandung Transmisi Lokal, 80 Kontak Erat Tes PCR, Hasilnya?

- Senin, 24 Januari 2022 | 13:51 WIB
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana menjelaskan soal perkembangan kasus Covid-19 varian Omicron di wilayah Kota Bandung.
Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana menjelaskan soal perkembangan kasus Covid-19 varian Omicron di wilayah Kota Bandung.
 
INILAHKORAN, Bandung - Pemerintah Kota Bandung menemukan 80 kontak erat enam pasien terkonfirmasi Omicron Covid-19. Ke-80 orang ini, tengah menjalani pemeriksaan PCR. 
 
Pelaksana Tugas Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, pihaknya saat ini masih terus melakukan tracing untuk mengantisipasi penyebaran Omicron di Kota Bandung agar tidak meluas.
 
"Kami tracing juga, hasilnya belum keluar. Dari tracing ditemukan 80 orang yang melakukan kontak dengan enam orang terkonfirmasi Omicron ini," ujar Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana di Trans Studio Mall, Senin 24 Januari 2022. 
 
Menurut Yana, kondisi terkini pasien yang terpapar Omicron kian membaik. Saat ini mereka sudah dalam kondisi yang lebih baik apabila dibandingkan saat masa awal terpapar. 
 
 
"Jadi relatif tidak bergejala. Hanya batuk ringan. Satu di isolasi mandiri, dan lima orang lainnya sedang melaksanakan isolasi terpadu di BPSDM Cimahi dan kondisi semua semakin membaik," ucapnya. 
 
Yana menegaskan, bahwa dari keenam pasien Omicron Kota Bandung ini berasal dari penularan tranmisi lokal. Sebab, hal ini terlihat setelah dilakukan tracing tidak ada yang memiliki riwayat bepergian ke luar negeri. 
 
"Dari enam orang ini, ternyata tidak ada kontak dengan orang yang melakukan perjalanan, dan mereka tidak melakukan perjalanan. Jadi ini kita simpulkan kelihatan transmisi lokal," ujar dia. 
 
 
Meski begitu, Yana mengimbau kepada masyarakat Kota Bandung agar tidak panik. Namun tetap waspada dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah terpapar Omicron
 
"Saya mengimbau, panik enggak perlu, tetapi masyarakat waspada. Kalau enggak berkepentingan di rumah saja, dan jaga prokes. Virus selalu bermutasi. Dengan prokes, Insya Allah tidak terpapar," tandasnya. *** (Yogo Triastopo) 

Editor: Zulfirman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X