• Jumat, 20 Mei 2022

Jadi Solusi Kemacetan Tagog Padalarang Ciburuy, Jalur Lingkar Selatan KBB Bakal Dibangun Tahun Ini

- Senin, 24 Januari 2022 | 17:33 WIB
Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda KBB Maman Sulaeman mengatakan, jalur lingkar selatan KBB akan menjadi solusi kemacetan Tagog Padalarang Ciburuy. (Agus Satia Negara)
Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda KBB Maman Sulaeman mengatakan, jalur lingkar selatan KBB akan menjadi solusi kemacetan Tagog Padalarang Ciburuy. (Agus Satia Negara)

INILAHKORAN, Ngamprah - Kerap terjadinya kemacetan Tagog Padalarang Ciburuy membutuhkan solusi. Rencananya, jalur lingkar selatan KBB sepanjang 7,4 km bakal dibangun mulai tahun ini.

Rencananya, pembangunan jalur lingkar selatan KBB tersebut akan dimulai pada 22 Februari 2022. Untuk mengatasi kemacetan Tagog Padalarang Ciburuy, jalur itu akan dimulai dari Kota Baru Parahyangan Padalarang hingga Citatah Cipatat.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda KBB Maman Sulaeman mengatakan, hadirnya jalur lingkar selatan KBB tersebut bertujuan untuk mengatasi permasalahan kemacetan Tagog Padalarang Ciburuy yang terjadi di kawasan Jalan Raya Tagog Padalarang hingga Jalan Raya Ciburuy akibat tingginya volume kendaraan.

Baca Juga: Fly Over Padalarang Bukan Solusi Kemacetan, Warga KBB: Cuma Dinikmati Kaum Elite!

"Jika tidak ada kendala, kita sudah merencanakan bakal melakukan ground breaking jalur lingkar selatan KBB Padalarang pada 22 Februari mendatang," katanya, Senin 24 Januari 2022.

Dia menilai, jalur lingkar selatan KBB tersebut sangat dibutuhkan seiring berkembangnya kawasan Padalarang sebagai daerah permukiman, jasa, kuliner, dan sport tourism.

"Salah satu syarat diizinkannya pembangunan flyover Simpang Padalarang itu juga harus diikuti pembangunan jalur lingkar selatan KBB ini," ujarnya.

Baca Juga: Flyover Simpang Padalarang Resmi Dibuka, Kemacetan di Padalarang Bisa Terurai

Maman menjelaskan, Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan juga membahas hal tersebut dengan pihak KCIC, KAI, dan Kota Baru Parahyangan. Pembangunan jalur lingkar selatan KBB itu pun terkait pengembangan kawasan TOD kereta api cepat di Stasiun Padalarang.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X