• Senin, 23 Mei 2022

Soal 'Tuhan Bukan Orang Arab' Dudung, Status Bahar Smith Belum Tersangka

- Selasa, 25 Januari 2022 | 12:11 WIB
Polda Jabar menolak penangguhan penahanan yang diajukan kuasa hukum Bahar bin Smith.
Polda Jabar menolak penangguhan penahanan yang diajukan kuasa hukum Bahar bin Smith.



INILAHKORAN, Bandung - Bahar bin Smith, masih berstatus sebagai saksi terlapor dalam kasus ujaran kebencian terhadap penjabat negara yang dilimpahkan dari Polda Metro Jaya ke Polda Jabar pada tanggal 6 Januari 2022.

"Belum (penetapan tersangka)," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo, saat dihubungi via ponselnya, Selasa 25 Januari 2022.

Kasusnya itupun, saat ini masih dalam penyelidikan dan pemeriksaan saksi ahli. "Masih dalam proses klarifikasi," singkatnya.

Diketahui, kasus soal ujaran kebencian terhadap penjabat negara dengan terlapor Bahar bin Smith, dilimpahkan dari Polda Metro Jaya ke Polda Jabar, pada tanggal 6 Januari 2022, dengan pelapor habib Husein Shihab.

Baca Juga: Penangguhan Penahanan Ditolak Penyidik, Begini Reaksi Kuasa Hukum Bahar bin Smith

Dari informasi yang dihimpun, laporan Habib Husein, ia melaporkan Bahar Smith karena diduga telah memelintir pernyataan Jenderal Dudung Abdurachman soal 'Tuhan bukan orang Arab' yang ditayangkan melalui podcast Deddy Corbuzier. 

Menurut Husin, pelintiran Bahar Smith ini menimbulkan rasa kebencian individu atau kelompok.
 
Bahar Smith sendiri kini sudah mendekam di tahanan polisi. Tapi, kasus yang menjeratnya berbeda, dengan corak yang sama.
 
 
Kuasa hukum Bahar bin Smith, Ichwan Tuankotta mengatakan Bahar menjadi tersangka dalam dugaan kasus berita bohong. Kasusnya yakni berita bohong peristiwa tewasnya enam anggota laskar FPI di KM 50.

"Betul (Terkait kejadian KM 50)," katanya.

Meskipun telah mendampingi selama pemeriksaan , Ichwan, belum memahami unsur kebohongan yang dimaksud dalam peristiwa itu. Menurut dia, sampai dengan kini, kasus tewasnya enam anggota laskar FPI memang benar terjadi.
 
Baca Juga: Polda Jabar Tangani Dua Kasus Pelimpahan dari Polda Metro Jaya Terkait Bahar bin Smith

"Kami belum paham penyebaran berita bohong itu, apakah substansi materinya atau substansi peristiwanya?" ucap dia. (cesar yudistira)

Editor: Zulfirman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Baznas Kota Bandung Raih Tiga Kali WTP

Sabtu, 21 Mei 2022 | 17:30 WIB

Kota Bandung Deklarasikan Sebagai Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 16:15 WIB
X