• Senin, 23 Mei 2022

BPJS Kesehatan Cabang Bandung Jamin Komitmen 209 FKTP Layani Peserta JKN-KIS

- Selasa, 25 Januari 2022 | 14:07 WIB
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandung Muhammad Fakhriza memastikan komitmen 209 FKTP dalam melayani peserta JKN-KIS. (istimewa)
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandung Muhammad Fakhriza memastikan komitmen 209 FKTP dalam melayani peserta JKN-KIS. (istimewa)

INILAHKORAN, Bandung – Memasuki tahun ini, BPJS Kesehatan Cabang Bandung bekerja sama dengan 209 FKTP yang tersebar di wilayah Kota Bandung.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandung Muhammad Fakhriza mengatakan, ke-209 FKTP atau fasilitas kesehatan tingkat pertama itu terdiri dari 80 Puskesmas, 102 klinik pratama, 13 dokter praktek perorangan (DPP), 12 klinik TNI/Polri, dan 2 dokter gigi.

Dia menuturkan, ke-209 FKTP itu siap memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Seluruh FKTP tersebut diakuinya telah lulus tahap kredensialing ataupun rekredensialing, dan menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan BPJS Kesehatan Cabang Bandung.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Cabang Bandung Siap Hadir di MPP Kota Bandung

Harapannya, ke-209 FKTP itu nantinya dapat terus bersinergi dalam meningkatkan layanan dan kepuasan peserta JKN-KIS sebagaimana komitmen dalam perjanjian.

“PKS tersebut menjadi landasan bagi BPJS Kesehatan Cabang Bandung dan fasilitas kesehatan untuk bersinergi dalam peningkatan layanan. Di tahun 2022 ini, terdapat penambahan FKTP kerja sama yaitu sebanyak 7 Puskesmas yang merupakan pemekaran. Adanya penambahan ini untuk memperluas akses pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS,” kata Fakhriza, Selasa 25 Januari 2022.

Dia menjelaskan, BPJS Kesehatan Cabang Bandung dalam pembayaran kapitasi ke FKTP didasarkan pada kapitasi berbasis kinerja (KBK). Untuk capaian KBK ini ada beberapa indikator yang harus menjadi komitmen FKTP, meliputi angka kontak, rasio rujukan nonspesialistik, dan rasio peserta prolanis terkendali. Pemenuhan indikator ini akan berdampak pada pembayaran kapitasi ke masing-masing FKTP.

Baca Juga: Layanan BPJS Kesehatan di RSUD Bandung Kiwari Dialihkan Sementara

“Semoga apa yang telah tertuang dalam perjanjian, menjadi pemahaman bersama bagi BPJS Kesehatan dan FKTP untuk terus bersinergi dalam meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Baznas Kota Bandung Raih Tiga Kali WTP

Sabtu, 21 Mei 2022 | 17:30 WIB

Kota Bandung Deklarasikan Sebagai Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 16:15 WIB
X