• Selasa, 24 Mei 2022

Polda Jabar Limpahkan Laporan Arteria Dahlan ke Polda Metro Jaya

- Rabu, 26 Januari 2022 | 11:59 WIB
Poster Arteria Dahlan  di Bandung (Caesar Yudistira)
Poster Arteria Dahlan di Bandung (Caesar Yudistira)

 
INILAHKORAN, Bandung - Polda Jabar limpahkan laporan pengaduan Majelis Adat Sunda terhadap Anggota DPR RI Komisi III Arteria Dahlan, ke Polda Metro Jaya.

Pelimpahan telah dilakukan pada Selasa (25/1/2022), kemarin.

"Sudah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya," singkat Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Polisi Ibrahim Tompo saat dihubungi, Rabu (26/1/2022).

Baca Juga: Pengacara Doddy Sudrajat Minta Ketua Komnas Anak Diganti Perempuan, Arist Merdeka: Itu Sangat Menyakitkan!

Alasan pelimpahan, Ibrahim mengatakan, dikarenakan kasus tersebut terjadi di Jakarta. Oleh karenanya, kasus tersebut kini ditangani Polda Metro Jaya.

"Pertimbangan kejadiannya di wilayah Jakarta," katanya.

Sebelumnya, sejumlah masyarakat yang tergabung di Majelis Adat Sunda melaporkan anggota DPR RI Komisi III Arteria Dahlan ke Polda Jawa Barat, Kamis (20/1/2022). Pelaporan dilakukan buntut pernyataannya yang meminta Jaksa Agung mencopot Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) yang berbicara dengan Bahasa Sunda saat rapat dengar pendapat. 

Baca Juga: Ketua Komnas Anak Bongkar Kronologi Laporan Keluhan Doddy Sudrajat : Itikad Baik Saya Ditolak!

"Hari ini melaporkan Arteria Dahlan anggota DPR RI yang telah menyatakan dalam berita yang viral di media sosial bahwa meminta pencopotan kepala kejaksaan tinggi yang menggunakan bahasa Sunda berbicara dalam rapat menggunakan bahasa Sunda," ujar Pupuhu Agung Dewan Karatuan Majelis Adat Sunda, Ari Mulia Subagja Husein di Mapolda Jabar, Kamis (20/1/2022).

Ia menuturkan pihaknya merasa tersakiti dengan pernyataan tersebut bahkan tidak menutup kemungkinan kondisi tersebut dapat terjadi ke yang lain. Pernyataan tersebut bahkan disebut sebagai bentuk penistaan.

Pernyataan Arteria Dahlan tidak sejalan dengan pasal 32 Undang-Undang Dasar (UUD) ayat 2 yang mendukung upaya memelihara bahasa daerah yang hampir punah. (Caesar Yudistira)***

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Selasa 24 Mei 2022

Selasa, 24 Mei 2022 | 07:40 WIB

Kampus ISBI Bandung Ini Memiliki UKM Ismasi

Senin, 23 Mei 2022 | 20:40 WIB
X