• Senin, 23 Mei 2022

Lembah Tangga 101, Ruang Publik dan Destinasi Wisata Baru Kota Bandung

- Rabu, 26 Januari 2022 | 19:45 WIB
Lembah Tangga 101 yang terletak di Kelurahan Cisurupan, Cibiru kawasan Bandung Timur.
Lembah Tangga 101 yang terletak di Kelurahan Cisurupan, Cibiru kawasan Bandung Timur.
 
INILAHKORAN, Bandung- Ruang publik di Kota Bandung kini semakin bertambah. Terbaru yaitu Lembah Tangga 101 yang terletak di Kelurahan Cisurupan, Cibiru kawasan Bandung Timur. 
 
Lembah Tangga 101 hadir berkat kolaborasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Sektor 22 Citarum Harum, dan Persaudaraan Akabri (Persada) 92.
 
Lembah Tangga 101 ini pun, merupakan bagian dari upaya daerah resapan. 
 
 
“Hadirnya Lembah Tangga 101 merupakan salah satu upaya Pemkot Bandung dalam mengurangi banjir lewat penataan kawasan Bandung Utara,” kata Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Rabu 26 Januari 2022.
 
Lembah Tangga 101 ini, dituturkan Yana Mulyana memiliki luas lahan sekitar satu hektar. Ada sekitar 1.180 pohon yang ditanam di kawasan ini. Jumlah tersebut merupakan gabungan 580 pohon. 
 
"Pplhonnya dari Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, ditambah sumbangan 600 pohon dari Persada 92 serta sumbangan dari warga Kota Bandung, Kartini," ucapnya. 
 
 
Sejalan dengan upaya pencegahan banjir, Yana menyebut upaya yang dilakukan Pemkot Bandung secara teknik yaitu dengan memarkir air. Kelebihan air  juga menjadi sumber cadangan air di musim panas.
 
Selain penataan ini, Yana mengingatkan upaya pencegahan banjir di rumah masing-masing bisa dilakukan dengan cara membuat drumpori. Drumpori merupakan cara menampung air khususnya. 
 
“Saya mengaplikasikannya di rumah pribadi. Hasilnya, saat hujan, air talang tidak membanjiri rumah. Begitu pula saat musim kering, sumur air di rumah saya sampai tetangga pun tidak kering,” ujar dia.
 
 
Sementara itu Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, Didi Ruswandi menyebut, hadirnya Lembah Tangga 101 merupakan upaya menghadirkan ruang publik bagi masyarakat .
 
"Hal ini sejalan dengan salah satu visi Pemkot Bandung dalam menghadirkan kota yang nyaman. Saya percaya kota yang sehat adalah kota yang punya banyak ruang publik,” kata Didi. 
 
 
Dansektor 022 Citarum Harum Kolonel Infanteri Epi Gustiawan mengapresiasi kerja sama Pemkot Bandung, Citarum Harum, dan juga Persada 92. Ia berharap kolaborasi ini terus dijaga dalam membangun kota. *** (Yogo Triastopo) 
 
 

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Baznas Kota Bandung Raih Tiga Kali WTP

Sabtu, 21 Mei 2022 | 17:30 WIB

Kota Bandung Deklarasikan Sebagai Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 16:15 WIB
X