• Selasa, 5 Juli 2022

Hampir Terendam Air, Tim Teknik Geologi ITB Selamatkan Fosil di Waduk Saguling

- Kamis, 3 Februari 2022 | 11:06 WIB
Tim peneliti geologi ITB selamatkan fosil dari rendaman air di Waduk Saguling KBB (Istimewa)
Tim peneliti geologi ITB selamatkan fosil dari rendaman air di Waduk Saguling KBB (Istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - Tim dari Teknik Geologi Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) Institut Teknologi Bandung (ITB), menyelematkan fosil yang terletak di Pulau Sirtwo, Waduk Saguling KBB.

Hal tersebut dilakukan tim dari ITB dilakukan karena terdapat laporan bahwa ketinggian air hampir mencapai lapisan fosil yang berada di Pulau Sirtwo, Saguling KBB untuk kemudian dipindahkan secepat mungkin.

Sebelumnya diketahui, telah ditemukan fosil di pulau yang terletak di tengah Waduk Saguling, Kabupaten Bandung Barat. Penemuan yang berawal dari laporan masyarakat tersebut kemudian diteliti oleh tim dari Prodi Teknik Geologi ITB.

Baca Juga: Khawatir Rusak, Tim Peneliti Selamatkan Fosil Hewan Purba di Pulau Sirtwo Waduk Saguling

“Fosil ini ditemukan oleh penduduk setempat beberapa bulan yang lalu. Kami pikir pada saat itu kami dapat meninggalkan yang satu ini karena airnya jauh lebih rendah daripada sekarang dan kami harus menyelamatkan fosil lain yang terletak jauh lebih rendah di strata. Sekarang air sudah naik 5 meter lebih tinggi karena musim hujan,” ujar Alfend Rudyawan, salah satu anggota tim, dikutip dari laman resmi ITB, Kamis 3 Februari 2022.

Alfend mengatakan, setelah berdiskusi dengan pihak-pihak yang terlibat sejak penemuan kembali fosil di daerah ini termasuk dengan IAGI, Museum Geologi dan warga masyarakat sekitar maka diputuskan bahwa fosil harus segera diselamatkan.

“Sayangnya, kami menemukan bahwa beberapa bagian dari fosil telah diambil oleh orang tak dikenal. Kami kehilangan semua gigi yang tersedia untuk identifikasi. Penggalian direncanakan untuk menyelamatkan tengkorak secepat mungkin sambil tetap mengingat ramalan cuaca. Kami sangat terkejut melihat bahwa fosil itu jauh lebih besar dari yang kami perkirakan. Tanduk kiri kerbau masih menempel utuh pada tengkorak. Saat itu kami mendapatkan energi tambahan untuk berpacu dengan cuaca,” jelasnya.

Baca Juga: PT IP Saguling Tegaskan Lahan Garapan Tak Bisa Dipindahtangankan

Kini fosil tersebut diamankan di tempat sementara, menunggu tim dari Museum Geologi untuk dianalisis dan direstorasi. Ia berharap semoga dengan upaya bersama kita dapat mengumpulkan tambahan pengetahuan dan informasi yang bermanfaat tentang kawasan dan katalog fosil untuk generasi sekarang dan yang akan datang. (Okky Adiana)

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Selasa 5 Juli 2022

Selasa, 5 Juli 2022 | 08:05 WIB
X