Lestarikan Bahasa Sunda, SMP Darul Hikam Mieling Poe Basa Indung Internasional

SMP Darul Hikam melestarikan bahasa Sunda. Untuk itu, setiap tahun sekolah Islam itu rutin menggelar Mieling Poe Basa Indung Internasional.

Lestarikan Bahasa Sunda, SMP Darul Hikam Mieling Poe Basa Indung Internasional
Sebagai upaya melestarikan bahasa Sunda, SMP Darul Hikam rutin menggelar Mieling Poe Basa Indung Internasional.

INILAHKORAN, Bandung - SMP Darul Hikam melestarikan bahasa Sunda. Untuk itu, setiap tahun sekolah Islam itu rutin menggelar Mieling Poe Basa Indung Internasional.

Kepala SMP Darul Hikam Yudianto mengatakan, gelaran Mieling Poe Basa Indung Internasional rutin dilakukan sejak 1999. Itu sebagai bentuk pengingat kepada siswa SMP Darul Hikam berada di tatar Sunda yang harus menggunakan bahasa Sunda.

"Kita punya bahasa Sunda sebagai bahasa pertama yang harus kita lestarikan. Mieling Poe Basa Indung Internasional tahun ini kita mengangkat tema Ngariksa Basa Ciri Patriot SMP Darul Hikam," kata Yudianto, Kamis 17 Februari 2022.

Baca Juga: Keren! Darul Hikam Kini Punya Sekolah Non Boarding

Lantaran masih pandemi, acara tersebut digelar secara daring yang diikuti ratusan siswa-siswi SMP Darul Hikam dan sejumlah guru.

Sebagai bahasa pergaulan, dia mengaku saat ini generasi muda relatif jarang menggunakan bahasa Sunda. Padahal, bahasa Sunda itu akan selalu hidup jika selalu diterapkan dalam pergaulan sehari-hari.

Halaman :


Editor : inilahkoran