Rektor UM Herry Suhardiyanto Sebut 4 Kemampuan Penunjang di Era Teknologi, Apa Saja?

Herry Suhardiyanto, Rektor UM Bandung berbagi rahasia tentang 4 kemampuan penunjang di era teknologi saat ini.

Rektor UM Herry Suhardiyanto Sebut 4 Kemampuan Penunjang di Era Teknologi, Apa Saja?
Rektor UM Bandung Herry Suhardiyanto menyebut 4 kunci keberhasilan di era teknologi.

INILAHKORAN, Bandung- Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung Herry Suhardiyanto menyebut 4 kemampuan penting yang harus dimiliki dalam menghadapi pesatnya teknologi.

Menurut Herry Suhardiyanto, 4 kemampuan yang menunjang seseorang di era teknologi adalah kreativitas, kemampuan memimpin, kemampuan berkomunikasi, dan inovasi.

Herry Suhardiyanto menjelaskan, pertama kreativitas adalah Kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan bermakna.

Baca Juga: DPRD Dorong Pemkab Cirebon Pulihkan Perekonomian Warga Pasca Pandemi Covid-19

"Andai kita tidak bisa menghasilkan sesuatu yang baru dan signifikan, kita akan dipinggirkan oleh perkembangan yang cepat berubah," ujar Herry Suhardiyanto, dalam "Digitalisasi Penyiaran untuk Menumbuhkan Industri Kreatif Nasional", di kampus UM Bandung, Senin 4 April 2022.

Selain itu, atas berkembangnya dunia teknologi saat ini siapa pun mesti bersyukur dan dapat memanfaatkannya dengan maksimal.

”Kita harus berperan di dalamnya,” katanya.

Baca Juga: Biodata Arooj Aftab, Penyanyi Pakistan yang Raih Grammy Kategori 'Best Global Performance'

Kedua, kemampuan memimpin. Tanpa kemampuan memimpin, ucap mantan rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) dua periode tersebut, seseorang akan kesulitan dalam melakukan perubahan.

Ketiga, kemampuan berkomunikasi, salah satunya untuk menangkal berita hoaks yang saat ini menyebar sangat masif. Dan itu, kata Herry, merupakan persoalan komunikasi.

”Kemahiran komunikasi ini penting. Oleh karena itu, mari kita produksi narasi-narasi yang baik dan mencerahkan,” ungkap pria kelahiran Banjarnegara itu.

Baca Juga: Zoya Laki Suguhkan Tampilan Beda Berbusana Muslim Khusus Kaum Pria

Keempat, inovasi. Terkait inovasi, rektor berharap UM Bandung yang punya tagline Islamic Technopreneurial University, bisa dengan cepat mewujudkan hal tersebut.

Dia menambahkan, bila empat kemahiran tersebut tak dimiliki, khususnya generasi muda, maka mereka akan kelabakan dengan perkembangan yang terjadi.

Lalu, kemampuan apa yang harus dimiliki masyarakat agar tidak terkaget-kaget terhadap kian pesatnya teknologi? Di antaranya kreativitas, kemampuan memimpin, kecakapan berkomunikasi, dan mampu berinovasi.

Baca Juga: Yeo Jin Goo dan Moon Ga Young Ungkap Karakter Masing-masing di Drama Baru 'Link Eat and Love to Kill'

”Ilmu dan pengetahuan itu sangat penting. Kita juga harus punya future skill atau keterampilan yang berguna di masa yang akan datang,” kata Herry.

Persiapan diri yang sangat penting itu, menurut Herry, untuk bekal seseorang membuat perubahan-perubahan yang signifikan.

Dijelaskan Herry, negara-negara yang basis ekonominya sudah kuat, salah satu cirinya adalah mampu berinovasi.

Baca Juga: PR Perumda Tirta Pakuan, Penuhi 100 Persen Air Terkoneksi ke Masyarakat Kota Bogor

“Mudah-mudahan dengan demikian juga industri kreatif nasional, antara lain dalam bidang telekomunikasi dan juga penyiaran digital, dapat berkembang secara baik dan menjadi penting,” pungkas Herry Suhardiyanto. *** (okky adiana)


Editor : inilahkoran