Layani Pemudik, Dinkes Kota Bandung Sebar Pos Pelayanan Kesehatan di Beberapa Lokasi

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung menyiapkan pos pelayanan kesehatan yang tersebar di terminal, stasiun, exit tol, dan tempat wisata

Layani Pemudik, Dinkes Kota Bandung Sebar Pos Pelayanan Kesehatan di Beberapa Lokasi
Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional Dinkes Kota Bandung Teti Hendrianmengaku menyiapkan tujuh pos pelayanan kesehatan saat libur Lebaran 2022.

INILAHKORAN, Bandung - Menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung menyiapkan pos pelayanan kesehatan yang tersebar di terminal, stasiun, exit tol, dan sejumlah tempat wisata.

"Kita siapkan sembilan pos kesehatan, tujuh pos lapangan, tujuh pos statis, dan lima pos di tempat wisata," kata Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional Dinkes Kota Bandung Teti Hendriani di Balai Kota Bandung, Rabu 27 April 2022.

Secara rinci, Teti Hendriani menyebut, bahwa pos lapangan hadir di Terminal Leuwipanjang, Terminal Cicaheum, Stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong, Gedung Merdeka, Kilometer 147 Gedebage, dan Taman Cikapayang Kota Bandung.

Baca Juga: DLHK Kota Bandung Kerahkan 1.500 Petugas Kebersihan di Malam Takbir Lebaran

Sementara pos statis, dituturkan Teti Hendriani berada pada puskesmas yang melayani 24 jam. Diantaranya Puskesmas Ibrahim Adjie, Padasuka, Putera, Cipamokolan, Garuda dan pusat pelatihan klinik terpadu primer (P2KP).

"Untuk pos kesehatan di objek wisata, kita memulainya pada 3 Mei sampai 10 Mei. Diantaranya di Kebon Binatang Bandung, Kiara Artha Park, Saung Udjo, dan kolam renang Karangsetra. Puskesmas yang beroperasi sampai pukul 20.00 WIB ada di Kopo," ucapnya.

Adapun sumber daya manusianya dalam pelayanan di pos kesehatan nanti, Teti menyebut akan berkolaborasi dengan profesi lain, semisal IDI, PPNI, Patelki, dan organisasi kefarmasian lantaran memang di setiap pos kesehatan akan ada swab dan tim vaksinasi.

Baca Juga: Ratusan Mahasiswa Ikut Ramaikan Kegiatan Korma Manis ISBI Bandung

"Pos vaksin ada di Terminal Leuwipanjang, Cicaheum, Stasiun Bandung, kilometer 147, dan Kebon Binatang. Di sana nantinya akan ada petugas skrining, vaksinator, administrasi, dan observasi. Lalu, pemeriksaan swab khusus hanya di pos Leuwipanjang dan itu buka setiap hari," ujar dia

Teti menambahkan, pelayanan vaksinasi pun masih dibuka di 80 puskesmas sesuai jam kerjanya masing-masing, terkecuali non 24 jam tak beroperasi ketika tanggal merah. Sementara pelayanan vaksin di pos vaksin di satu lokasi 30 sampai 50 orang saja.

"Bagusnya sebelum mudik segera vaksin, karena sebetulnya di beberapa kasus yang kita terima enggak muncul-muncul di PeduliLindungi. Kalau memang mau mudik setelah lebaran ya jangan ketika mau berangkat baru divaksin di lokasi," tandasnya. *** (Yogo Triastopo)


Editor : inilahkoran