• Selasa, 5 Juli 2022

Waspada Penipuan Bermodus Call Center Bank, Ratusan Juta Uang di ATM Warga Bandung Ini Ludes Sekejap

- Selasa, 10 Mei 2022 | 12:09 WIB
Seorang warga Bandung ATM dan kartu kreditnya dibobol pelaku dengan modus call center sebuah bank. (Net)
Seorang warga Bandung ATM dan kartu kreditnya dibobol pelaku dengan modus call center sebuah bank. (Net)

 

INILAHLORAN, Bandung - Seorang warga Bandung, Dicky Toha (45), menjadi korban pembobolan ATM dan kartu kredit dengan modus call centre. Dicky pun alami kerugian yang mencapai Rp375 juta.

Dihubungi via ponselnya, Dicky pun menyebutkan kronologis pembobolan ATM dan kartu kredit dengan modus call center tersebut. Awalnya pada 25 April 2022 Ia mendapat telepon dari pelaku yang menggunakan nomor call centre bank, dengan nomor resmi Bank Mega (Mega Call Centre +08041500010).

Telepon itu, memberikan informasi, jika kartu kredit miliknya, diretas. Hal itu dibarengi dengan muncul 10 pesan sms notifikasi dari Bank tersebut yang mengindikasikan adanya 10 upaya pembobolan dengan 10 permintaan OTP.

Baca Juga: Penembakan di GT Pasir Koja, Polda Jabar Amankan 2 Pelaku Sindikat Pembobolan Truk dan Mobil

"Oknum petugas yang menelpon meminta saya untuk memblokir kartu kredit tersebut, dan katanya akan ada email notifikasi di inbox dan diminta untuk mengklik tapi tidak bisa diklik," katanya, saat dihubungi via ponselnya, Selasa  10 Mei 2022.

Setelahnya, oleh pihak operator bank, ia diminta untuk mengecek email untuk dilakukan pemblokiran. Ia juga diminta  10 sms notifikasi.

"Terdapat hasil 9 transaksi berhasil diblok dan satu transaksi di bank Mega lolos senilai Rp 9.902.420,- di blibli.com. Dan kedua kartu kredit berhasil di blokir dan ada 1 email konfirmasi masuk yang mengatakan bahwa kartu kredit berhasil di blokir, sehingga saya percaya bahwa mereka dari Bank Mega, apalagi telpon berlangsung 3 kali hampir lebih dari 90 menit total," ucapnya.

Baca Juga: Pembobolan Kartu Prakerja, Polisi: Data Modifikasi Website BPJS

Tak selesai sampai di situ, pelaku kemudian menyarankan Dicky agar mengecek dan memblokir rekening bank lain yang dimilikinya.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X