• Jumat, 1 Juli 2022

Sekolah Setingkat SMA Dibandung Sambut Baik Imbauan Study Tour Oleh Kadisdik Jabar

- Rabu, 11 Mei 2022 | 14:14 WIB
SMA Darul Hikam Sambut imbauan study tour untuk kelulusan SMA. (Okky Adiana)
SMA Darul Hikam Sambut imbauan study tour untuk kelulusan SMA. (Okky Adiana)


INILAHKORAN, Bandung - Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi mengizinkan satuan pendidikan yang terdiri dari SMA, SMK dan SLB boleh mengikuti study tour. Dengan catatan, harus menjaga protokol kesehatan yang sangat ketat.

"Kami dari SMA Darul Hikam sepakat atas imbauan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat ubtuk melaksanakan study tour tersebut," ujar Kepala SMA Darul Hikam Mari Marhamah, Rabu 11 Mei 2022.

Menurut dia, bukan hanya mendukung pemulihan ekonomi, yang terpenting adalah kecapaian program untuk siswa-siswi di SMA Darul Hikam itu sendiri, salah satunya adalah pengembangan karakter.

Baca Juga: Rayakan Kelulusan Sekolah Dengan Study Tour, SMAN 3 Bandung Dukung Imbauan Disdik Jabar

Dengan pengembangan karakter salah satunya bukan sekadar pikiniknya saja, tapi anak bagaimana memilih waktu, bertoleransi dengan teman, saling peduli itu yang ditanamamkan dalam benak siswa-siswi.

"Jadi bukan hanya pikniknya saja, karena kegiatan kesiswaan itu sekadar study tour-nya saja, tapi kita membuat kegiatan bina desa juga, ditempatkan di rumah warga, ada kepedulian sosial yang lain, jadi dengan itu, kita sangat mendukung kebijakan dari Kadisdik Jabar," ucapnya.

Kendati begitu, pihaknya tetap seluruh warga Darul Hikam harus menjaga protokol kesehatannya. Jadi anak-anak memakai masker, cuci tangan dan prokes yang lain tetap diterapkan.

Baca Juga: Disdik KBB Umumkan Libur Sekolah Diperpanjang Pasca Cuti Bersama Lebaran 2022

"Yang terpenting kita juga harus ada izin orang tua," ucapnya.

Hal senada juga diungkapakan oleh Humas SMA Edu Gobal Puri Arta Widhiasi. Menurut dia, Dinas Pendidikan Jawa Barat kembali melakukan kegiatan di luar sekolah, dimana harapannya tidak hanya untuk mendukung pemulihan ekonomi, namun para siswa juga dapat memperoleh pembelajaran, baik langsung maupun tidak langsung di luar sekolah, agar semakin memperoleh pendidikan yang bermakna.

"Karena pada hakikatnya pembelajaran yang bermakna tidak hanya di dalam sekolah, dengen adaya kegiatan di luar sekolah, salah satunya Field Trip di SMA Edu Global tidak hanya sebagai sarana rekreasi dan barmain, namun juga dalam kegiatan ini ada kegiatan kunjungan industri untuk memperkenalkan dunia industri bagi para siswa-siswi," kata Puri Arta Widhiasi.

Baca Juga: Ini Alasan Disdik Jabar Mundurkan Masuk Sekolah Pasca Libur Lebaran 2022

Sehingga, lanjut dia, dapat gambaran nanti pasca kuliah akan berkecimpung di dunia kerja seperti apa dan dimana, serta ada kunjungan kampus/universitas untuk memperkenalkan salah satu kampus yang menjadi salah satu target arah pendidikan pasca mengenyam pembelajaran di SMA.

Tentu dengan diperkenankan adanya kegiatan di luar sekolah, lanjut dia, saat kondisi pandemi butuh pengawasan dan kerjasama ekstra dari sekolah, orangtua dan siswa dalam penerapan 3M sehingga selama kegiatan di luar sekolah tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan kembali.

"Bismillaah, semoga Indonesia dan dunia bisa kembali dalam kondisi baik dan sehat seperti sedia kala," pungkasnya. *** (okky adiana)

Editor: Ahmad Sayuti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekolah Swasta Diajak Lebih Berani Berkompetisi

Jumat, 1 Juli 2022 | 11:21 WIB

PPDB 2022 di KBB, Orang Tua Terpaku pada Zonasi

Kamis, 30 Juni 2022 | 15:11 WIB

15 Ormawa ISBI Bandung Ikuti LDKM Tahun 2022  

Kamis, 30 Juni 2022 | 13:12 WIB
X