Persoalan Stadion GBLA, Ridwan Kamil: Pak Yana Sudah Menjawab

Unggahan Instagram Gubernur Jabar Ridwan Kamil soal pengelolaan Stadion GBLA dibanjiri komentar netizen.

Persoalan Stadion GBLA, Ridwan Kamil: Pak Yana Sudah Menjawab
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan pengelolaan Stadion GBLA telah dijawab Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

INILAHKORAN, Bandung - Unggahan Instagram Gubernur Jabar Ridwan Kamil soal pengelolaan Stadion GBLA dibanjiri komentar netizen. Dia menyampaikan, Wali Kota Bandung Yana Mulyana telah menjawab persoalan yang ada.

"Kan sudah dijawab, pertama kita harus bicara soal kewenangan (di Stadion GBLA). Barangnya kan milik Kota Bandung, maka pertanyaannya ke Kota dan saya lihat Pak Yana (Wali Kota Bandung Yana Mulyana) sudah menjawab," ujar Ridwan Kamil di Gedung Sate, Rabu 11 Mei 2022.

Menurut Ridwan Kamil, Stadion GBLA sendiri sebelumnya memang sudah menjalin komunikasi yang baik dengan Persib Bandung. Hanya saja belum menemui kesepakatan.

Baca Juga: KTNA Kabupaten Bandung Meradang, Petani Pacira dan Pangalengan Tak Butuh Jalan Tol

"Jadi Persib itu pengennya 30 tahun, kalau aturan tanpa lelang hanya lima tahun sifatnya menyewa. Kalau mau 30 tahun harus ada proses beauty contest itu yang sedang berproses," katanya.

Adapun yang masih belum mendapatkan kesepakatan itu yaitu terkait lelang. Kendati demikian, Ridwan memastikan bahwa Pemkot Bandung pasti akan memberikan kesempatan pada Persib Bandung untuk turut mengelola Stadion GBLA.

"Tapi intinya gak akan kemana-mana pasti ke Persib. Hanya jangan sampai melanggar prosedur atau aturan," ucapnya.

Baca Juga: Resmi! Pengesahan UU TPKS Diteken Jokowi

Sebelumnya, Ridwan mengunggah postingan GBLA di akun instagram pribadinya. Dia mengatakan bahwa unggahan itu dilakukan karena banyak laporan dari masyarakat agar GBLA bisa dimanfaatkan dengan baik, salah satunya untuk markas Persib Bandung.

"GBLA adalah aset Kota Bandung. Sesuai aturan perundang-undangan, Segala jenis bentuk keputusan terkait pengelolaan ada di Pemkot Bandung. Semoga secepatnya ada keputusan terbaik bagi semua pihak. Aamiin," ujar RK, Minggu 8 Mei 2022.

Bak gayung bersambut, Wali Kota Bandung Yana Mulyana juga mengunggah postingan mengenai Stadion GBLA. Yana mengungkapkan, Stadion GBLA memiliki persoalan yang cukup rumit. Mulai dari Surat permohonan Kerja Sama Pengelolaan Stadion GBLA yang diajukan PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) pada Desember 2017, perkara tagihan utang ke PT Adhi Karya yang muncul pada Maret 2017 dan Juli 2018, hingga pensertifikatan tanah lahan Stadion GBLA yang belum juga selesai dilakukan Badan Pertanahan Negara (BPN).

Baca Juga: Daripada Jalan Tol, KTNA Kabupaten Bandung Justru Butuh Pupuk dan Jaminan Harga dari Pemerintah

Namun, dalam penjelasannya, Yana tidak ingin menyalahkan pihak manapun. Dirinya hanya merespons kinerja Pemkot Bandung dalam memperjuangkan Stadion GBLA yang terus-menerus didesak untuk bisa dimanfaatkan dan menjadi homebase Persib Bandung.

"Dalam penjelasan ini tidak ada sedikit pun niatan saya untuk berbicara tentang siapa yang salah dan siapa yang benar dalam proses terkait Stadion GBLA. Penjelasan ini saya buat, semata-mata untuk memberikan respon atas proses yang sedang dilakukan oleh Pemkot Bandung terkait pengelolaan Stadion GBLA" tulis Yana dalam akun Instagramnya @kangyanamulyana, Selasa 10 Mei 2022. (Rianto Nurdiansyah)


Editor : inilahkoran