Pemkot Bandung dan ITB Hadirkan Living Lab dan Smart City, Seperti Apa Konsepnya?

- Rabu, 11 Mei 2022 | 20:50 WIB
Pemerintah Kota Bandung dan Institut Teknologi Bandung menjajaki kerja sama Smart City & Community Innovation Center (SCCIC). (Humas Pemkot Bandung)
Pemerintah Kota Bandung dan Institut Teknologi Bandung menjajaki kerja sama Smart City & Community Innovation Center (SCCIC). (Humas Pemkot Bandung)

INILAHKORAN, Bandung-Pemerintah Kota Bandung dan Institut Teknologi Bandung menjajaki kerja sama Smart City & Community Innovation Center (SCCIC). Hal itu tercetus saat perwakilan SCCIC melakukan audiensi dengan Pemerintah Kota Bandung, Rabu 11 Mei 2022.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyambut positif kerja sama ini. Menurut Yana, kerja sama dalam menghadirkan konsep kota cerdas (smart city) bisa menjadi salah satu faktor pendongkrak ekonomi Kota Bandung pascapandemi Covid-19.

“Smart city bukan hanya berbicara digitalisasi saja. Tetapi orangnya, pemerintahnya, itu juga perlu smart,” ucap Yana di Balai Kota Bandung, Rabu 11 Mei 2022.

Baca Juga: Muhammad Farhan : GBLA Dikelola Swasta Harga Mati

Senada dengan Yana, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana menyambut positif kerja sama ini. 

Ia menjelaskan, gagasan smart city berulang kali hadir di Kota Bandung. Ujicobanya dilakukan di level kewilayahan.

Secara teknis, salah satu konsep yang ditawarkan pihak SCCIC ialah Living Lab. Prof. Suhono Harso Supangkat selaku perwakilan dari SCCIC menjelaskan, konsep Living Lab ini merupakan laboratorium kehidupan yang langsung diterapkan di suatu kawasan.

Baca Juga: Eks Ketua Kadin Jabar Divonis 1,5 Tahun Bui, Begini Perjalanan Kasus Korupsinya

Hal ini dimaksudkan agar solusi dari permasalahan di suatu wilayah dapat ditemukan solusinya dan diaplikasikan di lapangan.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Bandung Sigap, Penjual Hewan Kurban Lega

Rabu, 29 Juni 2022 | 21:20 WIB

Kawanan Dinosaurus Serang Kota Bandung

Selasa, 21 Juni 2022 | 22:10 WIB
X