Kota Bandung Siapkan Rp700 Juta untuk Keperluan Jemaah Haji yang Berangkat Tahun ini

Pemkot Bandung siapkan Rp700 Juta untuk keperluan jemaah haji yang berangkat tahun 2022 ini. Berikut rinciannya.

Kota Bandung Siapkan Rp700 Juta untuk Keperluan Jemaah Haji yang Berangkat Tahun ini
Kabag Kesra Setda Pemkot Bandung Momon Ahmad Imron.
INILAHKORAN, Bandung- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menganggarkan Rp 700 juta untuk kegiatan ibadah haji 2022. Anggaran itu digunakan biaya transportasi, makan dan minum calon jamaah haji ke embarkasi di Bekasi. 
 
Kabag Kesra Setda Pemkot Bandung Momon Ahmad Imron mengatakan, pihaknya memiliki kewajiban berpartisipasi dalam penyelenggaraan ibadah haji. Kewajiban tersebut tertuang di undang-undang nomor 8 tahun 2019 tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umroh.
 
"Jadi yang dibebankan kepada pemerintah daerah, adalah penyediaan transportasi dan pemberangkatan ke embarkasi pulang dan pergi termasuk makan minum selama perjalanan dan pemulangan," kata Momon Ahmad Imron pada Jumat 13 Mei 2022.
 
 
Momon Ahmad Imron menyebut bahwa anggaran untuk transportasi dan makan minum calon jamaah haji di ambil dari hibah Kementerian Agama (Kemenag). Total bus yang disiapkan untuk 1.116 orang calon jamaah haji sebanyak 70 bus. 
 
Jumlah tersebut, dituturkan Momon menurun dibandingkan sebelum pandemi yang bisa mencapai 150 bus untuk 2.400 orang lebih. Anggaran pada kondisi normal bisa mencapai Rp 1.5 miliar. Sedangkan saat ini Rp 700 juta. 
 
 
"Kalau sekarang sudah dihitung diperlukan anggaran Rp 700 juta, dan untuk keberangkatan calon jamaah haji ke Arab Saudi secara nasional, akan mulai berlangsung pada awal Juni," ucapnya. 
 
Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung mengungkapkan kuota haji untuk warga Kota Bandung tahun 2022 sebanyak 1.116 orang. Angka tersebut relatif menurun dibandingkan pada kondisi normal sebelum pandemi yang bisa mencapai 2.427 orang. *** (Yogo Triastopo) 


Editor : inilahkoran