Ngeri, Dispernakan KBB Ungkap Gejala Klinis Pada Kerbau saat Terinfeksi PMK

- Jumat, 13 Mei 2022 | 16:05 WIB
Ini ciri-ciri hewan yang terkena penyakit mulut dan kuku (PMK) dan kenali gejala klinisnya.
Ini ciri-ciri hewan yang terkena penyakit mulut dan kuku (PMK) dan kenali gejala klinisnya.

INILAHKORAN, Ngamprah - Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) Kabupaten Bandung Barat (KBB) tengah gencar melakukan sosialisasi terkait bahaya penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) KBB, Wiwin Apriyanti mengatakan, penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak hanya menular dari hewan ke hewan.

"Jadi tidak masuk dalam kategori zoonosis," katanya di KBB, Jumat 13 Mei 2022.

Baca Juga: Simak, Berikut Penyebab dan Cara Penularan Virus PMK pada Hewan Ternak

Adapun hewan yang tertular virus dari PMK ini merupakan hewan ruminansia atau hewan yang memiliki empat buah perut yang memainkan peran berbeda dalam pencernaan makanan.

"Seperti sapi, kerbau, kambing, rusa, domba, babi, unta dan beberapa hewan liar. Tapi secara percobaan, PMK dapat menginfeksi hewan lain, seperti kelinci, tikus, marmut dan hamster," sebutnya.

Ia menjelaskan, gejala klinis pada sapi atau kerbau saat terinfeksi virus PMK antara lain demam tinggi bisa mencapai 41 derajat Celcius.

Baca Juga: Waspada PMK Pada Hewan Ternak, Begini Gejala dan Langkah Penanganannya

"Pembengkakan limpoglandula mandibularis, hiversalivasi (air liur berlebihan), adanya lepuh dan erosi sekitar mulut, moncong hidung, lidah, gusi, kulit sekitar kuku dan puting kambing," jelasnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Sayuti

Artikel Terkait

Terkini

X